Sistem E-TLE Sepeda Motor Akan Bangun Budaya Tertib?

Sistem E-TLE Sepeda Motor Akan Bangun Budaya Tertib?
Minggu, 8 Desember 2019 08:00
Brian

Sistem elektronik tilang alias E-TLE untuk sepeda motor kabarnya akan diterapkan pada tahun 2020. Selain penerapannya, Polda Metro Jaya juga akan menambah sejumlah kamera untuk mendukung operasi E-TLE sepeda motor. Kamera tambahan yang dipasang tentunya harus mampu melihat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) pada sepeda motor.

Budiyanto selaku Pemerhati Transportasi mengatakan sitem E-TLE akan mempercepat penyadaran budaya tertib berlalu-lintas. Karena pengendara motor akan merasa terawasi, sehingga takut untuk melakukan pelanggaran. Di sisi lain, menurutnya penegakan peraturan lalu lintas yang saat ini masih konvensional sudah tidak efektif. 

   Baca Juga: Ternyata Penggunaan Klakson Diatur Dalam Peraturan Pemerintah

"Sistem penegakan hukum dengan cara-cara konvensional secara bertahap harus ditinggalkan. Karena sudah tidak efektif lagi. Dengan penegakan sistem E-TLE, proses penyadaran membangun budaya tertib berlalu lintas akan lebih cepat. Karena mereka terawasi terus sehingga takut untuk melanggar," ujar Budiyanto kepada OtoRider, Jum'at (6/12).

lalu lintas sepeda motor ilustrasi

 

Menurutnya, E-TLE sepeda motor yang direncanakan pada tahun 2020 harus dimulai dengan keberanian. Budiyanto mengatakan E-TLE sepeda motor merupakan langkah represif dalam rangka penegakan aturan-aturan hukum. Dengan harapan adanya langkah ini membuat pengendara berkembang menjadi terbiasa untuk tertib.

   Baca Juga: Bagaimana Pengendara Motor Harus Menyikapi Hujan Lebat?

"Khusus berkaitan dengan upaya represif ini harus mulai ada keberanian melakukan penegakan hukum dengan sistem E-TLE. Dengan adanya Ditlantas akan memberlakukan sistem E-TLE untuk kendaraan roda dua, merupakan suatu keniscayaan," ujar Budiyanto.

Akhir kata, Budiyanto mengucapkan selamat kepada Ditlantas Polda Metro Jaya untuk pengimplementasian program E-TLE sepeda motor. Dirinya pun mengapresiasi dan mendukung program tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.