Sudah Musim Hujan, Lakukan Hal Ini Agar Motor Matik Tetap Awet

Sudah Musim Hujan, Lakukan Hal Ini Agar Motor Matik Tetap Awet
Senin, 16 Desember 2019 15:00
Thio Pahlevi

Kondisi cuaca di beberapa daerah Indonesia sudah memasuki musim hujan. Meskipun begitu, hujan tentunya tak menghalangi produktivitas sehari-hari, khususnya bagi pengguna motor matik.

Tak hanya saat musim panas, motor matik bahkan perlu mendapatkan perhatian ekstra saat musim hujan. Berikut OtoRider sajikan beberapa tips agar motor matik tetap awet seperti dilansir dari akun Instagram resmi Suzuki Motor Indonesia.

   Baca Juga: Daftar Harga Motor Bebek Semua Merek (Desember 2019)

Hal yang perlu diperhatikan pertama pada motor matik saat musim hujan adalah sistem pengereman. Jaga selalu kondisi piringan dan kampas agar tidak kotor dan bisa menimbulkan bunyi berdecit. Kotoran yang tertinggal di komponen tersebut jika dibiarkan dapat menyebabkan piringan cakram atau kampas rem tergores dan menjadi tidak rata.

Kedua, yang harus dijaga adalah bagian shockbreaker. Shockbreaker ini harus dibersihkan dari sisa-sisa debu dan kotoran yang menempel. Jika dibiarkan, kotoran tersebut dapat merusak komponen sil shockbreaker dan mengakibatkan kebocoran.

   Baca Juga: Konsumen Qooder Bebas Biaya Servis, Cukup Isi Bensin Saja

Terakhir, perhatikan juga kondisi bodi motor. Usahakan untuk mencuci motor usai digunakan saat kondisi hujan. 

Hal ini diperlukan untuk menghilangkan sisa noda air hujan yang menempel dan bisa berpotensi menjadi kerak. Selain itu, penggunaan cairan poles usai pencucian juga diperlukan agar bodi motor tetap mengkilap dan terjaga warnanya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.