Terungkap! Penyebab Oli Mesin Menjadi Hitam Saat Penggantian. Sudah Tahu Kenapa?

Terungkap! Penyebab Oli Mesin Menjadi Hitam Saat Penggantian. Sudah Tahu Kenapa?
Senin, 10 Februari 2020 13:00
Thio Pahlevi

Perubahan warna oli menjadi hitam pasti tak asing lagi terlihat saat melakukan penggantian berkala. Warna kuning keemasan saat oli mesin masih baru akan berubah hitam seiring pemakaian.

Sebagian dari pengguna motor mungkin bertanya-tanya mengapa hal ini bisa terjadi. Nah, apa sebenarnya yang menyebabkan oli mesin berubah menjadi hitam?

   Baca Juga: Tersandung Masalah Desain, Pihak Gesits: Kami Selesaikan Baik-Baik

Rialdy Fasha selaku Training and Technical Engineer Motul Indonesia pun memberikan penjelasannya. Menurutnya, perubahan warna ini terjadi karena proses pelumasan yang terjadi di ruang mesin.

oli top 1

 

"Ya oli hitam itu karena hasil dari pembakaran. Saat pembakaran itu, setiap oli punya yang namanya pembersih, deterjen. Fungsinya untuk menghilangkan deposit atau kotoran-kotoran dari sisa pembakaran. Oleh sebab itu, oli pasti akan hitam," jelas Rialdy pada OtoRider saat ditemui di Sentul, Bogor beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Pernah Lihat Angka Ini Pada Ban Motor? Apa Artinya?

Rialdy menambahkan, hal ini normal terjadi jika sistem pembersih olinya bagus. Namun, perbedaannya terletak pada usia pakai masing-masing tipe dan merek oli itu sendiri.

"Kalau memang pembersihnya bagus. Itu normal. Cuma jangka waktunya itu yang berapa lama. Makanya kalau sudah jelek kita paksakan terus pasti makin hitam. Sudah dijamin rusak pasti mesin," ujar Rialdy.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.