Tips Lewati Jalan Tidak Rata Agar Suspensi Motor Tetap Awet

Tips Lewati Jalan Tidak Rata Agar Suspensi Motor Tetap Awet
Minggu, 11 April 2021 13:00
Thio Pahlevi

Suspensi atau shockbreaker menjadi salah satu komponen penting pada motor. Agar tetap awet, perawatan rutin tentunya perlu dilakukan. Hal ini diperlukan untuk menghindari terjadinya suspensi terasa keras, tidak bisa meredam getaran dengan baik, dan gejala lainnya.

Ade Rohman selaku Sub Departement Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora membeberkan fungsi dari shockbreaker itu sendiri. Menurutnya, komponen tersebut memiliki fungsi penting untuk meredam getaran saat melewati jalan berbatu, jalan tidak rata atau rusak, hingga tanjakan.

   Baca Juga: Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Touring Pakai Motor, Sudah Tahu?

"Fungsi lainnya juga untuk memberikan kenyamanan dan kestabilan saat berkendara dalam segala kondisi, baik itu jalan pelan, cepat, bahkan ketika bermanuver," jelas Ade dalam keterangan tertulis yang diterima OtoRider.

Modifikasi All New Honda PCX 160 2021 Sporty

Agar suspensi tetap awet, Ade memberikan salah satu tipsnya, khususnya saat motor melintasi jalanan tidak rata. Ia menghimbau supaya pengendara mengurangi kecepatan ketika menghadapi jenis jalan tersebut.

   Baca Juga: Klasmen MotoGP 2021 Usai Seri Doha: Quartararo dan Vinales Bukan Posisi Pertama

"Disarankan untuk mengurangi kecepatan sepeda motor saat melintasi jalan yang tidak rata dan hindari jalan berlubang. Jika memang terpaksa harus melintasi jalan tersebut, berkendaralah dengan kecepatan rendah atau pelan. Melintasi jalan tidak rata atau rusak dalam kecepatan tinggi akan membuat beban kerja shockbreaker semakin berat dan membuatnya cepat rusak," kata Ade.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.