Tips Melewati Banjir Pakai Motor Listrik, Berapa Batas Amannya?

Tips Melewati Banjir Pakai Motor Listrik, Berapa Batas Amannya?
Rabu, 28 April 2021 15:00
Thio Pahlevi

Ragam motor listrik saat ini mulai banyak dipasarkan di Indonesia. Berbekal tenaga listrik, sejumlah kalangan seringkali masih meragukan kemampuan motor saat dikendarai ketika hujan atau melewati genangan. Terlebih, sejumlah daerah di Indonesia merupakan langganan banjir. Lantas, apakah motor listrik mampu melewati banjir dan bagaimana tipsnya?

Ady Siswanto selaku pemilik bengkel modifikasi PetrikBike yang mengerjakan konversi motor listrik pun memberikan penjelasannya. Sebelumnya, bengkel ini telah melakukan konversi dari Honda BeAT bermesin bensin menjadi bertenaga listrik.

   Baca Juga: Inspirasi Modifikasi Yamaha WR 155R Bergaya Supermoto Monster Energy

"Jadi gini, kalau motor listrik itu yang pertama jangan sampai kena banjir. Bukan hanya motor listrik sebetulnya, kalau kena banjir pasti akan bermasalah. Apalagi listrik kan rawan banget sama namanya air kan," jelas Ady pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Honda BeAT Listrik PetrikBike

Foto: Thio Pahlevi

Ady menambahkan, meski terbilang rawan ketika terkena air, namun motor listrik masih bisa melewati genangan. Akan tetapi, pengendara harus bisa memprediksi terlebih dahulu ketinggian air atau genangan tersebut.

   Baca Juga: Menelisik Harga Sparepart Fast Moving Yamaha Gear 125

"Kalau ngomongin genangan itu maksimal 20 cm, itu masih bisa dilewati. Sebetulnya kalau masih baru, itu mau setinggi, BeAT ini misalkan, bisa melewati banjir setinggi 50 cm. Kalau masih baru. Tapi begitu sudah lama, kaya seal-sealnya sudah mulai aus, sehingga kalau kena air, terendam, berisiko airnya masuk ke dalam motornya," ujar Ady.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.