Tips Mencuci Motor yang Baik dan Benar. Sudah Sesuai?

Tips Mencuci Motor yang Baik dan Benar. Sudah Sesuai?
Minggu, 1 November 2020 15:00
Thio Pahlevi

Merawat motor tentu tak hanya membawanya ke bengkel untuk melakukan servis berkala saja. Saat penggunaan harian, mencuci secara rutin juga dapat menjaga kualitas tampilan motor itu sendiri. Selain itu, mencuci motor juga dapat menurunkan risiko timbulnya karat.

Apalagi di musim hujan saat ini, motor akan lebih mudah kotor usai digunakan. Tak hanya itu, bercak sisa air hujan juga akan menempel di bodi motor. Jika dibiarkan terlalu lama, bercak air tersebut berpotensi membuat motor terlihat kusam.

"Motor yang bersih akan nyaman digunakan oleh semua orang dan dapat menghindari adanya kerusakan yang mengakibatkan memburuknya kinerja mesin sepeda motor," kata Ade Rohman, Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM).

Lantas, apa saja yang harus diperhatikan dan dihindari saat mencuci motor?

   Baca Juga: Usai Satria F150, GSX-R150, dan Address, Suzuki Beri Warna Baru NEX II

Pertama, sebelum mencuci motor, pastikan mesin sudah dalam keadaan kondisi suhu dingin. "Karena bagian logam pada komponen motor yang masih panas, jika bersentuhan dengan air dingin saat mencuci adalah hal yang bertentangan," ujar Ade.

Ilustrasi Cuci Motor

Selanjutnya saat mesin sudah dalam keadaan dingin, bilas terlebih dahulu semua permukaan motor dengan air bersih sampai kotoran yang menempel pada bagian bodi hilang. "Hati-hati terhadap kotoran yang menempel di bagian panel bodi, karena dapat merusak lapisan cat," jelas Ade.

Cuci kendaraan dengan sabun khusus berbahan cair. Perlu berhati-hati jika menggunakan bahan kimia saat mencuci, seperti halnya detergen bubuk atau sejenisnya, karena dapat merusak dan memudarkan warna pada lapisan cat bodi motor. Selain itu, gunakan spons halus ketika mencuci motor agar tidak merusak permukaan cat bodinya.

Disarankan saat mencuci motor tidak menggunakan air bertekanan tinggi, dikarenakan dapat menganggu dan merusak bagian-bagian komponen seperti radiator, rantai roda, panel speedometer, kunci kontak, hingga komponen kelistrikan. Perhatikan juga lubang box elemen cleaner, jangan sampai kemasukan air saat dicuci.

Cuci motor dan rantai motor

Usai membersihkan cover body yang dilapisi dengan cat, dilanjutkan ke bagian-bagian bawah antara lain suspensi, roda, dan area bawah mesin. Hindari masuknya air ke dalam knalpot agar tidak terjadi karat, sehingga akan memengaruhi performa motor.

   Baca Juga: Puji Tim Suzuki Ecstar, Vinales Pesimis Bisa Raih Gelar Juara Dunia

Setelah semua bagian dicuci, bilas seluruh permukaan motor menggunakan air bersih sampai kotoran dan sisa sabun terbilas oleh air. Selanjutnya, keringkan menggunakan plas chamois yang lembut dan bersih.

Berikan pelumas pada bagian komponen motor yang membutuhkan pelumasan, di antaranya pada bagian rantai roda dan pivot standar samping menggunakan cairan khusus. Jika diperlukan, lapisi cover body menggunakan wax untuk melindungi cat dan warna bodi motor agar tetap mengkilap.

Terakhir, hidupkan motor untuk memeriksa semua komponen berjalan dan berfungsi dengan baik. Simpan motor di tempat yang teduh atau tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.