Tujuan Kaca Spion Motor Pabrikan Bentuknya Lebar

Tujuan Kaca Spion Motor Pabrikan Bentuknya Lebar
Senin, 23 Desember 2019 15:00
Thio Pahlevi

Kaca spion menjadi salah satu peranti utama keselamatan yang wajib ada pada motor. Umumnya, kaca spion sepeda motor bawaan pabrikan memiliki bentuk yang lebar. Nah, apa tujuannya?

Bentuk kaca spion yang lebar ini tentunya memiiki fungsi penting dalam menjaga keselamatan dan keamanan berkendara. Dengan bentuknya yang lebar, arah pandang ke bagian sekitar kendaraan juga menjadi lebih terlihat jelas.

   Baca Juga: Oli Mesin Wajib Diganti Secara Berkala. Apa Alasannya?

“Bentuk spion yang lebar ini bertujuan untuk mendapatkan bidang penglihatan ke samping dan belakang yang luas serta mengurangi area blind spot sekecil mungkin”, kata Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) saat dihubungi OtoRider.

Tips Spion

Tak hanya memberikan jarak pandang yang lebih luas, ternyata bentuk kaca spion yang lebar juga memiliki fungsi lainnya. Jika diperhatikan secara seksama, seringkali bentuk dan letak kaca spion sejajar dengan stang motor atau bahkan lebih lebar.

   Baca Juga: Pernah Lihat Kantung Kecil Ini di Motor Matik? Apa Fungsinya?

Jusri menambahkan, hal ini dimaksudkan untuk menjadikan kaca spion sebagai tolok ukur pengendara saat ingin menyalip kendaraan di depannya.

"Spion bisa menjadi batas patokan kemudi. Bila spion motor tersebut menyenggol suatu obyek, itu artinya obyek tersebut sudah sangat dekat dengan posisi pinggir setang”, ucap Jusri.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.