Vespa Matic Terendam Banjir, Jangan Langsung Dinyalakan!

Vespa Matic Terendam Banjir, Jangan Langsung Dinyalakan!
Rabu, 24 Februari 2021 14:00
Brian

Beberapa waktu kemarin, curah hujan di daerah Jakarta dan sekitarnya cukup tinggi. Bahkan sejumlah daerah di Jabodetabek turut dilanda banjir. Tidak sedikit sepeda motor yang terendam oleh air banjir yang tentunya butuh penanganan khusus.

Dennil Sagita selaku Founder Bengkel Scooter VIP yang khusus menangani Vespa matic memberikan tips pada pemilik skuter Italia yang terkena banjir. Dirinya menyebutkan, sebaiknya ketika Vespa terendam banjir jangan langsung dicoba untuk dinyalakan. Jika hal tersebut dilakukan, terdapat potensi terjadinya water hammer di mesin.

Piaggio Vespa

"Sehabis Vespa matic terendam banjir, sebaiknya jangan langsung coba dinyalakan karena ada peluang terjadi water hammer di mesin. Water hammer terjadi ketika ada air berlebih yang masuk ke mesin dan ikut terkompresi sehingga berakibat fatal hingga membuat mesin jebol," ujar Dennil melalui keterangan tertulis.

   Baca Juga: Sudah Tahukah Kriteria Ideal Sepatu dan Sarung Tangan Hadapi Musim Hujan?

Dennil menyarankan, jika pemilik Vespa matic ragu dengan kondisi motornya disarankan untuk membawanya ke bengkel terdekat. Pemilik juga disarankan langsung membawa ke bengkel spesialis Vespa untuk penanganan lebih lanjut. Sementara motor belum ditangani, Dennil menyarankan pemilik tidak menghidupkan stop kontak agar tidak terjadi korslet.

Dealer, aksesori, vespa, piaggio

"Kalau di bengkel kami biasanya tahapan langkah diagnosa awal yang kami lakukan di Vespa matic meliputi cek filter udara, transmisi CVT, oli mesin, oli girboks, kondisi knalpot, dan kelistrikan," pungkas Dennil.

   Baca Juga: Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menerobos Banjir, Sudah Tahu?

Sebagai tambahan informasi, Scooter VIP menawarkan layanan towing bagi para pemilik Vespa yang tengah mogok. Pemilik motor dapat langsung menghubungi ke kantor Scooter VIP di Bekasi dengan nomor 021-82733333. Bengkel Scooter VIP sendiri berlokasi di Grand Galaxy City Blok RGB No. 27 Jl. Boulevard Raya Timur, Jaka Setia, Bekasi Selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.