Yamaha NMax 155 Connected/ABS Punya Traction Control, Bagaimana Kinerjanya?

Yamaha NMax 155 Connected/ABS Punya Traction Control, Bagaimana Kinerjanya?
Sabtu, 4 September 2021 14:00
Thio Pahlevi

Yamaha All New NMax 155 Connected/ABS diuji kemampuannya untuk menjelajah jalur pegunungan menuju Cibodas, Jawa Barat. Dalam perjalanan bertajuk MaxiCamp tersebut, skutik Maxi Yamaha ini melaju dengan mulus di berbagai kondisi jalan. Tak hanya lintasan aspal, jalur berkerikil pun bisa dilewati tanpa ada kendali berarti.

Kemampuannya melaju di lintasan tak rata dan bergelombang juga turut didukung dengan fitur Traction Control System (TCS). Ya, All New NMax 155 Connected/ABS, merupakan pioneer motor di kelas 150 cc pertama yang menggunakan fitur canggih ala Moge tersebut. Lantas, fitur apakah itu dan bagaimana cara kerjanya?

   Baca Juga: Sudah Diisi Nitrogen, Bolehkah Angin Ban Motor Dicampur Udara Biasa?

Secara umum, TCS merupakan fitur keselamatan berkendara yang mencegah ban kehilangan traksi saat rider memutar tuas gas. Fitur ini akan mencegah terjadinya selip pada roda belakang karena tenaga yang cukup besar dengan cara mengurangi asupan bahan bakar.

NMax CCU

Selain itu, fitur TCS bertujuan untuk menghindari ban belakang berputar lebih cepat atau dikenal dengan istilah spinning. Fitur ini juga berfungsi ketika motor melewati jalanan licin, basah, serta berpasir atau berkerikil.

Fitur TCS memiliki dua cara kerja, yakni melalui pengapian dan injektor. Ketika motor mengalami spin yang kecil serta sedikit, fitur ini akan mengontrol sistem pengapian. Sementara itu, ketika terjadi spin yang cukup banyak, fitur tersebut akan memutus fuel consumption atau injektor.

Yamaha NMax 155 2019

Pada mode default di All New NMax 155 Connected/ABS, fungsi TCS dalam kondisi menyala atau ON. Fitur ini juga bisa dimatikan (OFF) jika pengendara menginginkannya, terutama ketika sedang menerabas jalanan yang penuh lumpur dan berpasir agar laju motor tidak tersendat. Caranya mudah, dengan mengoprasikan tombol switch control atau menu yang ada di sebelah kiri stang kemudi.

   Baca Juga: Kepala Kru Tim Monster Energy Yamaha Ungkap Kekuatan Fabio Quartararo

Adanya fitur TCS pada All New NMax 155 Connected/ABS dinilai menghadirkan kontrol yang lebih maksimal saat berkendara. Seperti yang diutarakan oleh salah satu peserta MaxiCamp.

"Untuk #KontrolMaximal ini sangat saya rasakan dalam perjalanan dari Jakarta ke sini (Cibodas), itu sangat nyaman sekali dalam kondisi tanjakan atau jalanan macet karena All New NMax ini mempunyai fitur ABS dan TCS serta dari segi performanya itu baik sekali, sangat maksimal," kata Aditiya Fernadi, Wakil Ketua Nusantara Max Series (NMS) chapter Jakarta Pusat.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.