Yamaha Sports Ride, Besutan Empat Roda Pabrikan Garpu Tala

Yamaha Sports Ride, Besutan Empat Roda Pabrikan Garpu Tala
Sabtu, 31 Oktober 2015 10:45
Adiyasa Prahenda

Bukan rahasia lagi, kalau Yamaha kerap terlibat dalam pengembangan mesin yang bukan buat motor. Yap, banyak sekali kepala silinder mesin Toyota dikembangkan Yamaha. Sebut saja mesin performa 4A-GE di Corolla, 3S-GTE dan 2ZZ-GE andalan Toyota Celica. Pun Yamaha terlibat dalam pengembangan Toyota 2000GT, juga mesin Ford Taurus SHO dan Volvo XC90 V8. Bukan juga ini kali pertama Yamaha membawa konsep bertema roda empat ke Tokyo Motor Show. Namun kehadiran Yamaha Sports Ride concept memang cukup mengesankan.

Mobil sport dua penumpang ini didesain mungil, sebagai patokan mirip dengan Mazda MX-5 Miata, namun lebih ringan. Itu berkat rangka carbon hasil rancang bangun Gordon Murray Design di Inggris. Murray merupakan desainer ngetop yang pernah membuat sasis McLaren F1.

Struktur rangka high volume carbon fibre yang dinamakan iStream Carbon adalah yang paling terjangkau saat ini, sehingga sangat berpotensi membawa teknologi balap ke jalan raya. Struktur iStream Carbon ini merupakan pengembangan dari teknologi sasis iStream yang digunakan pada konsep Yamaha MOTIV yang juga dipamerkan di Tokyo Motor Show dua tahun lalu.

Yamaha Sports Ride ini jelas menunjukkan keinginan pabrikan berlambang garpu tala untuk mengembangkan wawasan. Tak terbilang berbagai usaha, seperti mengembangkan Motobot. Jika dua tahun lalu mengembangkan mobil listrik MOTIV, maka tahun ini lebih bergairah dengan membawa mobil konsep bertema sport ini.

Memang tidak ada data pasti mengenai mesin yang akan dipakai Yamaha Sports Ride ini. Namun seperti dilansir Cycle World, mesin terbesar Yamaha akan didaulat menjadi sumber tenaga mobil ini. Atau, ada juga rumor kalau mobil konsep ini sebenarnya akan disiapkan sebagai basis Toyota MR2. Hmm… menarik (otorider.com)

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.