Yamaha Tanamkan Serat Karbon Pada Motor Sport Touring Miliknya

Yamaha Tanamkan Serat Karbon Pada Motor Sport Touring Miliknya
Minggu, 22 Maret 2020 16:00
Brian

Serat karbon banyak digunakan oleh pabrikan sepeda motor untuk memberikan keringanan pada produknya. Biasanya teknologi ini disematkan pada motor-motor besar yang memiliki bobot yang sangat berat. Seperti Yamaha yang tengah mengenalkan paten baru untuk serat karbon di bagian sasis.

Dilansir dari MotoSaigon.vn, Yamaha menanamkan serat karbon untuk motor sport touringnya yakni FJR1300. Hal ini dilakukan demi mengejar harapan para pengendara roda dua yang menginginkan rangka ringan pada motor sport touring. Dari gambar paten, tampaknya kemungkinan serat karbon akan dipatenkan di main frame dan sub frame.

   Baca Juga: Honda CBF190TR Sudah Tiba di Vietnam, Siap Hadang XSR 155?

Kabarnya, Yamaha akan memberikan kelir khusus untuk bagian rangka motor. Sehingga dapat dideteksi oleh pemiliknya ketika terjadi kerusakan.

Gambar Paten Rangka Yamaha FJR1300

 

Sebenarnya teknologi serat karbon telah dilakukan oleh produsen motor asal Jerman yaitu BMW. Bagi BMW teknologi rangka serat karbon alias carbon fiber frame sudah bukan barang baru. Bahkan BMW telah mengaplikasikan teknologi ini pada varian motornya dan berhasil emngurangi bobot hingga 40%.

   Baca Juga: Harley-Davidson Amerika Stop Produksi Setelah Satu Karyawan Tertular Corona

Selain serat karbon, Yamaha FJR1300 dikabarkan akan mendapat fitur yang memberikan tanda bahaya kepada pengendara. Sehingga ketika terjadi kecelakaan, sensor rangka akan terbaca oleh komputer. Sistem ini diberikan nama Damage Detection and Control System (DDCU).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.