Kemenperin Dorong Konversi Skuter Bermesin Bensin ke Listrik

Kemenperin Dorong Konversi Skuter Bermesin Bensin ke Listrik
Minggu, 30 Agustus 2020 06:00
Brian

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong persiapan pembangnan industri kendaraan listrik di tanah air. Hal ini sejalan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. Hal ini disebutkan selaras dengan tren dunia yang terus bergerak ke penggunaan kendaraan yang hemat energi dan ramah lingkungan.

Secara paralel, menuju penerapan regulasi kendaraan listrik pada 2021, Kemenperin telah melakukan rangkaian sosialisasi. Salah satunya adalah pada sepeda motor dengan menggandeng beberapa pihak, termasuk Indonesia Modification Expo (IMX). Melalui IMX, Kemenperin menghadirkan konversi skuter matik bensin ke motor listrik.

   Baca Juga: Detail Spesifikasi Skuter Anyar Vespa S 125 i-get

Putu Juli Ardika selaku Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemenperin menyebutkan skutik konversi melibatkan modifikator lokal. Dirinya menyebutkan telah bekerjasama dengan Alitt Susanto dan Katros Garage dalam proyek ini. Proyek tersebut juga telah tayang di Youtube Alitt Susanto pada 9 Agustus lalu.

"Dalam video itu diperlihatkan skutik yang akan dikonversi memakai motor listrik. Tak hanya diubah sumber tenaga penggeraknya saja, tetapi juga dilakukan kustomisasi tampilannya agar lebih futuristis," ujar Putu dalam keterangan tertulis yang diterima OtoRider.

Skuter Listrik Konversi Kemenperin

 

Secara teknis, skuter listrik yang dibangun merupakan motor konvensional yang banyak di jual di pasaran. Kemudian skuter tersebut diiumbuhi seperangkat komponen kustom dari mulai suspensi hingga penggeraknya. Komponen yang dipertahankan dari bentuk lamanya hanyalah sasis utama.

   Baca Juga: Motor Bebek All New Honda Biz Meluncur di Pasar Eropa dan Amerika

Hasilnya cukup mengejutkan, karena skuter listrik konversi itu dibekali baterai 60 Volt 20 Ampere dari basis baterai bawaan 18650 mAh. Baterainya mampu menempuh jarak hingga 100 km dalam satu kali pengisian. Untuk mengisi kembali, baterai tersebut memakan waktu hingga 4,5 jam dari kosong hingga penuh.

Skutik listrik custom rencananya menjadi salah satu hadiah undian Giveaway dalam penyelenggaraan IMX 2020 pada 10 Oktober mendatang yang digelar secara online. Dengan membeli tiket pada www.imx2020.net, penonton IMX 2020 akan mendapat kupon berkode unik yang akan diundi sepanjang acara berlangsung.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.