Honda Indonesia Akui Siap Luncurkan Produk Baru, Inilah Profil Honda Forza

Honda Indonesia Akui Siap Luncurkan Produk Baru, Inilah Profil Honda Forza

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa PT. Astra Honda Motor (AHM) akhirnya akui akan ada motor baru di perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 (GIIAS) di Gedung ICE, BSD, Tangerang (2-12/8). Meski enggan menyebut nama produknya, tapi santer beredar kalau Honda Forza digadang-gadang akan dimunculkan di perhelatan internasional tersebut.

“Iya benar memang ada produk baru yang akan diluncurkan di GIIAS 2018, untuk lebih jelasnya, nanti kita akan ketemu di acaranya,” ujar Rina Listiani selaku Public Relations Manager AHM.

Sekadar catatan bahwa skutik premium itu telah resmi diluncurkan di daratan Eropa. Ceritanya, Honda telah merilis ulang skuter premium Forza 300 untuk wilayah Eropa. Model anyar ini sudah menggunakan traksi kontrol, dan sasis baru dengan pengurangan berat kurang lebih 12 kg. 

Honda Forza

Melihat sosoknya, pada bagian rangka Honda menggunakan bahan baja tubular guna mengurangi bobot Forza 300 yang diklaim mencapai 182 kg. Selain itu sasis juga diubah untuk memperpendek jarak sumbu roda 1,4 inci, menjadi hanya 59,4 inci.

Beralih ke bagian kaki kaki, Honda Forza 300 mendapat pelek aluminium dengan ukuran 15 inci pada bagian depan, dan belakang 14 inci. Ukuran ini jadi lebih besar dari sebelumnya, yaitu bagian depan hanya 14 inci dan belakang 13 inci.

Honda Forza

Untuk suspensinya sendiri, bagian depan sudah mengadopsi teleskopis 33 mm lebih ramping dibandingkan Forza yang lama berukuran 35 mm. Sedangkan suspensi belakang megusung dua sokbreker dengan tujuh setelan preload. Pada bagian pengereman depan, Honda Forza sudah menggunakan cakram berukuran 256 mm dan bagian belakang cakram berukuran 240 mm. Tidak lupa sistem Anti-lock Braking System (ABS) dua channel menjadi fitur standar keamanan skutik ini.

Kapasitas mesin Forza 300 mengadopsi 279 cc, FI, SOHC, berpendingin cairan, 4 tak. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 24,8 dk pada 7.000 rpm dan torsi puncak 20,1 Nm di 5.750 rpm.

Forza 300 akan menjadi skuter Honda pertama yang akan menggunakan traksi kontrol. Sistim traksi kontrol yang dapat berpindah untuk memantau kecepatan roda depan dan belakang, serta mencegah rasio slip guna mempertahankan kecepatan.

Baca juga: Banyak Kendaraan Baru Di Gaikindo Indonesia International Auto Show, Inilah Pertimbangan Memilih Motor Berkelir Hitam

Honda Forza 300 2018 ini akan ditawarkan dalam empat pilihan warna yaitu Crescent Blue Metallic, Pearl Nightstar Black, Matt Cynos Grey Metallic, dan Matt Pearl Cool White. Kabar yang beredar bahwa Forza di Indonesia nantinya akan mengadopsi mesin berkapasitas 250 cc.

Percaya atau tidak?

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id