Komparasi Spek Yamaha Aerox155 VVA vs Honda Vario 150 eSP, Kupas Fitur dan Harganya

Komparasi Spek Yamaha Aerox155 VVA vs Honda Vario 150 eSP, Kupas Fitur dan Harganya

Saat ini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) seolah meneruskan tradisi perang H-Y di Jepang pada era 80-an. Pasalnya, mereka menabuh genderang perang melawan PT Astra Honda Motor (AHM) di segmen skuter sport 150 cc lewat produk baru mereka, Yamaha Aerox155 VVA.

Dengan kapasitas mesin yang terbilang seimbang, yakni 150 cc berpendingin cair, Aerox155 VVA langsung mengisi pasar skuter sport 150 cc yang sejak awal 2015 telah dihuni oleh Honda Vario 150 eSP.

Sebagai jagoan yang datang belakangan, Aerox155 VVA punya sederet fitur yang ditawarkan untuk mengalihkan perhatian penggemar Vario yang sampai saat ini sudah terjual lebih dari 9 juta unit di Tanah Air. Maklum, selain harga pertempuran dua skuter bertampang sporty dan futuristik ini juga menyuguhkan beragam fitur sebagai unggulannya. Apa saja? Yuk kupas.

Honda Vario 150 eSP

Kita ulas fitur Vario 150 eSP terlebih dahulu. Oiya, soal mesin akan Otorider bahas di tulisan lainnya ya. Oleh Honda, motor yang punya kembaran berjuluk Click-i di Thailand tersebut dibekali dengan sederet fitur yang menjadi pionir di kelasnya.

Sebut saja penggunaan Dual Keen Eyes LED Headlight yang membuat impresi tampilan Vario 150 eSP makin agresif. Ada pula penggunaan ban Tubeless yang pertama di kelasnya. Kombinasi ukurannya, 80/80-14 dan 90/90-14 di depan belakang.

Selanjutnya ada kunci Answer Back System yang bertujuan untuk memudahkan pengguna mengetahui posisi motor lewat remot yang terintegrasi. Cukup tekan tombol di kunci dan posisi motor bakal ketahuan lewat respon suara dan lampu sein yang menyala.

Untuk keamanannya, tersedia Magnetic Shutter Key dengan tombol 'Seat' untuk membuka jok. Volume bagasnya 18 liter dan bisa menampung satu helm half face.

Selain itu, dibantu dengan pengembangan dari Honda PCX 150, membuat Vario 150 eSP juga dibekali fitur Idling Stop System yang berfungsi untuk mematikan mesin secara otomatis saat berhenti lebih dari tiga detik, dan motor akan kembali menyala setelah selongsong gas diputar.

Keselamatan pengendara juga didukung dengan penggunaan fitur Side Stand Switch untuk mencegah mesin menyala saat standar samping diturunkan. Lalu, ada rem Combi Brake System untuk membantu pengereman yang optimal dan Brake Lock untuk membantu roda ban tetap terkunci saat parkir.

Yamaha Aerox155 VVA

Beralih ke Yamaha Aerox155 VVA, dengan keuntungan sebagai kompetitor baru, Yamaha seolah tak ingin tanggung menghadirkan jagoannya. Yamaha menghadirkan tiga varian Aerox155 VVA, yakni standar, S Version dan R Version.

Seperti namanya, Aerox yang lebih dikenal dulu di Eropa sebagai skuter sporty. Aerox155 VVA dirancang dengan karakteristik body yang gagah dan aerodinamis, kesan sporty semakin dipertegas dengan ciri khas “X” motif di sisi samping. Serta sepasang headlamp LED di depan.

Speedometer full digital dengan layar LCD besar 5.8 inch dapat memberikan informasi lebih  jelas dengan Multi Information Display (MID). Fiturnya mampu menampilkan VVA indicator, Fuel meter, battery indicator, Odometer, trip meter, average Fuel consumption, real time consumption, digital clock, rpm meter.

Penampilan semakin gagah dan sporty dengan ban super wide tubeless tire. Ukurannya diklaim terlebar di kelasnya. Yakni 110/80-14 di depan dan 140/70-14 di belakang.
 
Kehadiran Aerox155 VVA juga dilengkapi dengan fitur Smart Key System di Indonesia. Sistem ini terintegrasi dengan kunci canggih Keyless (di versi tertinggi) . Fitur ini membuat berkendara semakin praktis dan aman karena disematkan Immobilizer dan Answer Back System.  Pengendara tak dipusingkan dengan keharusan memasukkan anak kunci ke rumah guna membuka kunci stang dan menyalakan mesin. Kunci sistem SKS cukup dikantongi pengendara dan untuk membuka pengaman stang dan menyalakan mesin tinggal memutar tombol di tempat rumah kunci.

Sepeda motor ini juga memiliki fitur pintar terbaru seperti fitur Stop & Start System (SSS), sistem yang akan mematikan mesin jika Aerox155 itu berhenti lebih dari 5 detik setelah bergerak dengan kecepatan di atas 20 km/jam. SSS yang hanya untuk varian S saja itu akan menyalakan mesin kembali ketika pengendara memutar gas kembali.

Volume bagasinya 25 liter yang muat menampung satu helm full face. Juga terdapat Electric Power Socket untuk mengecas gadget.

Sektor pengereman, Aerox155 VVA S Version dilengkapi dengan sistem ABS (Anti-lock Brake System) yang akan membantu pengendara memaksimalkan kontrol pengereman dan Parking Lock untuk menjaga roda motor tetap terkunci saat parkir.

Khusus R Version, DNA sport semakin terasa kuat berkat cakram depan model “Wave-Type Disc Brake” ukuran 230 mm ditambah suspensi belakang sub-tanks type rear suspension berwarna emas.

Harga dan Warna

Soal harga, Aerox155 VVA dibanderol mulai Rp 21,85 juta pada tipe standar dengan pilihan warnanya Black, Yellow, Matte Red. Sedangkan S Version warnanya Matt Blue dan White. R Version satu warna yaitu Racing Blue. Dua model terakhir memang belum dijelaskan harganya, tapi kisarannya antara Rp 23 hingga Rp 26 jutaan.

Sedangkan Vario 150 eSP dihargai Rp 21,45 juta dengan lima pilihan warna. Yakni Exclusive Black Metallic, Exclusive Matte Black, Exclusive Matte Blue, Exclusive Matte Brown dan Exclusive Pearl White. (otorider.com)

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id