Membandingkan Fitur All New Honda Vario 125 Terbaru Dengan Yamaha QBix & Lexi, Manakah Paling Unggul?

Membandingkan Fitur All New Honda Vario 125 Terbaru Dengan Yamaha QBix & Lexi, Manakah Paling Unggul?

Seperti ulasan sebelumnya, PT Astra Honda Motor (AHM) telah meluncurkan model baru  All New Honda Vario 125 dengan desain serta beragam fitur terbaru yang lebih canggih dan sporti. Masih berdasarkan ulasan sebelumnya, bahwa sebelum kehadiran All New Honda Vario ini, masyarakat juga sempat dikejutkan dengan tampilan Yamaha QBix yang dipasarkan di Thailand dan dihembuskan kabar akan diluncurkan di Indonesia.

Pun demikian dengan Yamaha Lexi yang beberapa bulan sebelumnya telah dilaunching di Tanah Air dengan kapasitas mesin yang sama, yaitu 125 cc. Nah, tentu Anda penasaran mana yang lebih unggul dalam hal kelengkapan fitur. Penilaian tetap di tangan Anda.

Honda Vario 125 eSP

All New Honda Vario

PT. Astra Honda Motor (AHM) telah menghadirkan All New Honda Vario 125 berbekal mesin 125 cc berteknologi eSP yang memberikan keseimbangan antara performa optimal serta konsumsi bahan bakar yang irit.  Tampil lebih sporti untuk pengunaan sehari-hari, model ini kini dilengkapi rear fender yang memiliki lampu sein terpisah dengan lampu belakang.

Selain itu, Vario 125 anyar ini juga dilengkapi beragam fitur baru seperti full digital panel meter dengan multi informasi dan lampu LED pada semua sistem pencahayaan. Varian CBS-ISS pada model ini juga dilengkapi dengan Anti Theft Alarm sebagai fitur keamanan kendaraan.

All New Honda Vario 125 ditawarkan dengan 5 pilihan warna yaitu Advance Black dan Advance White Blue untuk tipe varian CBS dengan harga (on the road Jakarta) Rp 19,1 juta. Sedangkan untuk tipe CBS ISS hadir dengan 3 pilihan warna lainnya yaitu Advance Black, Advance White Red dan Advance Red dengan harga (on the road Jakarta) Rp 19,9 juta.

Yamaha Lexi

Yamaha Lexi

Sama dengan All New Honda Vario, Yamaha Lexi mengusung mesin berkapasitas 125 cc. Tidak mau kalah dengan Vario 125 anyar, Yamaha Lexi memiliki sejumlah keunggulan, seperti sudah mengadopsi LED head light dan Electric Power Socket yang menjamin Anda tetap terhubung dengan siapapun melalui smartphone tanpa takut kehabisan baterai. Ada juga ban tubeless dengan tapak lebar menjanjikan kestabilan berkendara yang maksimum.

Khusus untuk Lexi-S juga dilengkapi dengan sub-tank suspensi membuat berkendaraan terasa lebih lengkap karena sudah menggunakan suspensi tipe suspensi belakang. Di tipe ini juga ada Smart Key System yang merupakan sistem kunci tanpa anak kunci (Keyless) membuat kesan mewah dan elegan semakin terasa di Lexi S (Kasta tertinggi). Fitur ini membuat berkendara semakin praktis dan aman karena ada fitur Immobilizer dan juga Answer Back System.

Yamaha Lexi mengusung mesin Blue Core 125 cc LC4V dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang membuat torsi merata di setiap putaran mesin. Lexi juga dilengkapi Smart Motor Generator (SMG) yang membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan.

Berkendara dengan Lexi jelas lebih irit karena memiliki fitur Stop & Start System yang membuat mesin Stop atau mati saat berhenti lebih dari 5 detik dan Start atau menyala kembali saat tuas gas diputar. Fitur ini mengurangi risiko bahan bakar terbuang percuma saat motor sedang berhenti.

Desain Lexi memiliki tampilan yang mewah dan elegan karena memiliki pilihan warna Matte yang atraktif seperti Matte Red, Matte Grey dan White pada Yamaha Lexi serta Matte Blue, Matte Grey dan Bronze pada Yamaha Lexi-S. Dengan lampu depan Grand LED membuat Lexi terlihat sangat berkelas. Lexi menggunakan Digital Speedometer modern dan informatif yang sangat berguna bagi setiap pengendara.

Dari keterangan resmi yang diterima redaksi menyebutkan harga Yamaha Lexi 125 Standar kena di angka Rp 19,95 juta dan Yamaha Lexi tipe S dibanderol Rp 22,8 juta (On the Road Jakarta dan sekitarnya).

Yamaha QBix 2018

Yamaha QBix

Paling menarik dari Yamaha QBix lantaran memiliki tampilan headlamp berbentuk persegi panjang yang dipasang secara vertikal. Model ini benar-benar tidak biasa tapi justru menarik perhatian banyak orang.

Yamaha QBix juga disertai dengan fitur canggih di dalamnya seperti speedometer full digital dengan layar LCD. Nah, speedometer itu bisa memberikan informasi kecepatan, kondisi bahan bakar serta disediakan pengisian baterai smartphone. Yamaha QBix juga sudah mengadopsi fitur Answer Back System (ABS) dan Smart Key System. 

Kedua fitur terakhir yang disebutkan tadi sebenarnya juga ada pada Yamaha Lexi. Selain itu Yamaha QBix menggunakan headlamp full LED Headlight serta bagian belakang full LED Tail light yang mengikuti desain bodi motor. Tampilan mengotak itulah yang menyebabkan skuter ini benar-benar memiliki magnet transaksi.

Untuk ukuran dimensi Yamaha QBix mempunyai panjang 1.860 mm, lebar 710 mm untuk tipe standar, sedangkan untuk tipe S dan ABS memiliki lebar 740 mm, dan untuk tinggi keseluruhan berukuran 1.115 mm. Sementara tinggi joknya sendiri 775 mm dan jarak terendah ke permukaan tanah mencapai 135 mm.

Mesin QBix berkapasitas 125 cc, 4 tak, 2 katup, SOHC, FI dan satu silinder. Untuk bagian kaki-kaki Yamaha Qbix menggunakan pelek berukuran 12 inci yang dibalut dengan ban depan berukuran 100/90 dan belakang 130/70 untuk tipe standar. Sedangkan untuk tipe S dan ABS berukuran 110/90-12 pada bagian depan dan 140/70-12 pada bagian belakang.

Bila sudah disetarakan dengan rupiah, Yamaha QBix 2018 dibanderol Rp 23,6 juta untuk tipe Standar, dan Rp 24,7 juta untuk tipe S serta Rp 26,5 juta untuk tipe ABS. Catatan saja bahwa harga Yamaha QBix bisa berbeda ketika benar-benar sampai di Indonesia.

Anda pilih yang mana?

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id