Yamaha Siap Jual Motor Listrik di Indonesia?

Yamaha Siap Jual Motor Listrik di Indonesia?

Era baru kendaraan di Indonesia mulai datang. Personal Mobility atau PM mulai tampak wujudnya di Tanah Air. Kedatangan kendaraan listrik, terutama sepeda motor mulai ramai sepanjang 2017 ini. Sebut saja Viar dengan Q1, Gesits yang mulai menyiapkan pabrik, juga ada beberapa brand lain mulai bermunculan.

Tampaknya, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tidak mau melewatkan kesempatan untuk memperkenalkan motor listrik di Indonesia. Seperti seremonial pengenalan motor listrik yang dihelat di Elite Club Epicentrum, Jakarta Selatan (1/11).

Acara ini memang bukan peluncuran model sepeda motor baru. Yamaha hanya mengadirkan wujud motor listrik dan menunjukkan niatnya buat melirik pasar ini di kemudian hari. Karena, pabrikan berlambang garpu tala ini aka melakukan serangkain tes dan studi pasar motor listrik di Indonesia. Selama satu bulan ke depan, Yamaha akan bekerjasama dengan empat institusi, di antaranya Kebun Raya Bogor, Universitas Pelita Harapan (UPH), PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia dan The Breeze BSD untuk melakukan uji coba motor listrik Yamaha pada area tertutup keempat institusi itu.

“Motor listrik nantinya akan digunakan sebagai transportasi di kawasan internal perusahan tersebut. Sebenarnya, Yamaha sudah memiliki sejarah panjang motor listrik, dimulai pada tahun 1993. Saat itu, Yamaha Motor memasarkan system Electrical Support Bicycle pertama kali lewat Yamaha PAS (Power Assist System),” ujar Minoru Morimoto, President Director and COO YIMM.

Pada 2002, Yamaha memperkenalkan sepeda listrik dengan nama Yamaha Passol. Kemudian terus melakukan pengembangan dengan memperkenalkan EC-02, Passol-L, EC-03 dan E-Vino serta. Tak ketinggalan, mereka juga memamerkan beberapa motor listrik lewat Tokyo Motor Show 2017.

Hingga saat ini, total penjualan motor listrik Yamaha telah merambah kawasan Eropa dan negara Asia seperti Jepang dan Taiwan dengan total lebih dari 10.000 unit. Sedangkan penjualan Yamaha PAS di pasar global telah mencapai lebih dari 4 juta unit di seluruh dunia, termasuk penjualan unit penggeraknya.

Lantas bagaimana dengan Indonesia? Tampaknya, memang tidak dalam waktu dekat ini Yamaha akan memperkenalkan motor listrik mereka di Tanah Air. Menurut Dyonisius Beti, Executive Vice President Director YIMM, Yamaha siap memproduksi motor listrik di Indonesia. "Pada 2025, diharapkan 20% penjualan motor di Indonesia adalah motor listrik," ungkapnya.

Selamat datang motor listrik!

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id