Masukan kata kunci yang ingin Anda cari pada kotak diatas.

Tentang Kami
Disclaimer Hubungi Kami Info Iklan Karir Peraturan Media Siber Redaksi Tentang Otorider
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
redaksi@otorider.com (Redaksi)
marketing@otorider.com (Marketing)
Member of :
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.

Ini Cara Mencegah Rem Blong Saat Berkendara Motor

Ilustrasi rem motor.
Kamis, 27 Juni 2024
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Sepeda motor masih mendominasi angka kecelakaan lalu lintas di Indoneia. Salah satu penyebab kecelakaan sepeda motor yang sering terjadi adalah rem blong, yang menyebabkan kendaraan sulit dikendalikan.

Faktor yang menjadi penyebab kecelakaan antara lain adalah human error, sarana-prasanara umum, dan faktor pemenuhan persyaratan layak jalan dari sepeda motor itu sendiri.

Untuk itu, sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya merencanakan rute terlebih dahulu. "Semisal kita mau ke puncak, nanti turunannya sekian. Itu sudah direncanakan jadi pengendara harus tahu cara ngeremnya, jadi kecepatan sudah diatur," kata Senior Analyst New Model Service and Publication Dept PT Astra Honda Motor (AHM), Sarwono Edhi saat ditemui Otorider beberapa waktu lalu.

"Teknik ngeremnya itu tidak bareng-bareng kalau turunannya curam. Jadi gantian, di-maintain kecepatannya kira-kira enggak terlalu kencang, tentunya gasnya juga enggak turun ya. Tujuannya agar minyak rem tidak panas yang dapat menyebabkan rem blong," ujar Edhi.

Ketika terjadi insiden rem blong, jangan lupa untuk memberikan tanda ke pengendara lain untuk waspada serta menjaga jarak. "Kalau di perjalanan jika rem mulai los atau blong, menyarankan untuk berhenti," papar Edhi.

Perawatan pada rem sendiri juga diperlukan. Minyak rem yang sudah rusak akan mengalami penggumpalan, dan bisa menyebabkan tersumbatnya sistem hidraulis rem. Selain itu, minyak ini punya masa kedaluwarsa.

"Minyak rem itu punya masa kedaluwarsa. Berdasarkan buku servis setiap dua tahun atau setiap 24 ribu kilometer minyak rem harus diganti," ungkap Edhi. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Terbaru

Berita | 21 jam yang lalu

VIDEO: Yamaha NMax Edisi Khusus Pasar Indonesia

Berita | 22 jam yang lalu

Spesifikasi Crankshaft dan Rotor Assy pada Yamaha NMax Turbo 2024

Sport | 1 hari yang lalu

Gabung Ducati, Marquez: Terima Kasih Telah Memilih Saya

Berita | 1 hari yang lalu

VIDEO: Test Ride Yamaha NMax Turbo 2024 Langsung di Sirkuit

Tips & Modifikasi | 1 hari yang lalu

Bedah Komponen Penting pada YECVT Yamaha NMax Turbo 2024
Beranda Trending Motor Listrik