Masukan kata kunci yang ingin Anda cari pada kotak diatas.

Tentang Kami
Disclaimer Hubungi Kami Info Iklan Karir Peraturan Media Siber Redaksi Tentang Otorider Privacy Policy
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
redaksi@otorider.com (Redaksi)
marketing@otorider.com (Marketing)
Member of :
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.

Ternyata Baterai Motor Listrik Honda Belum Diproduksi Lokal

Selasa, 15 Oktober 2024
Gemilang Isromi Nuar

AHM masih memilih baterai impor dari negara yang telah memiliki pengalaman dan kualitas terjamin, untuk produk motor listriknya.

Honda ICON e: (Foto: Otorider/Gemilang)

OTORIDER - Satu hal yang perlu diketahui dari motor lisrtik baru Honda ICON e: dan CUV e: meskipun dirakit di Indonesia, ternyata baterai masih bergantung pada pasokan yang diimpor dari luar negeri.

Daiki Mihara, Executive Officer yang memimpin Unit Pengembangan Bisnis Elektrifikasi Sepeda Motor dan Produk Daya di Honda Motor Co. Ltd, menyatakan bahwa baterai untuk ICON e: berasal dari China, sementara baterai untuk CUV e: diambil dari India. 

"Terkait pertanyaan baterainya dari mana baterai motor listrik ini, untuk baterai di Icon e: dari China, sedangkan CUV e: itu dari India," papar Daiki di Cikarang, Rabu (9/10).

Hingga saat ini penggunaan baterai asing masih menjadi tantangan dalam membuat motor listrik Honda terjangkau, pemilihan baterai yang tidak diproduksi di Indonesia bertujuan untuk mempercepat penerimaan motor listrik di pasar. 

"Pengembangan baterai sudah dilakukan di beberapa negara mungkin sudah 10 tahun, sehingga kami menggunakan baterai yang sudah dikembangkan secara global selama 10 tahun. Sudah terjamin kualitasnya, kalau kita kan (Indonesia) baru akan mulai, " ujar Executive Vice President PT AHM, Thomas Wijaya.

Meskipun menggunakan baterai buatan luar negeri dapat meningkatkan biaya, AHM berfokus pada keselamatan dan performa. Jika produksi baterai di Indonesia sudah siap, ini berpotensi mengurangi harga. 

Namun, saat ini pengembangan produksi baterai dalam negeri masih dalam tahap awal, sehingga AHM memilih untuk menggunakan produk dari negara yang telah memiliki pengalaman dan kualitas terjamin.

"Kalau bicara Indonesia punya bahan baku yang melimpah, tapi itu baru di level hulu belum level menengah dan hilirisasi. Upstream mungkin material kita melimpah. Sekali lagi pengembangan baterai sudah dikembangkan beberapa negara lain 10 tahun lalu," ungkap Thomas. (*)

Tag
Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Ikuti Channel kami pada tombol dibawah ini.

Trending

#1

Harga Masih Mahal, Motor Listrik Honda Belum Dapat Subsidi

#2

FOTO: Honda CUV e:, Motor Listik Honda Paling Kencang

#3

FOTO: Honda ICON e: Motor Listrik untuk Urban Lifestyle

#4

Catat 14 Pelanggaran yang Jadi Fokus Operasi Zebra 2024

#5

Marc Marquez: Saatnya Istirahat dan Isi Ulang Tenaga

Terbaru

Motor Listrik | 32 menit yang lalu

Intip Tiga Tipe Motor Listrik Sunra, Mulai Rp 14 Jutaan

Dalam memulai penetrasi ke pasar motor listrik Indonesia, Sunra mengandalkan tiga model dengan tujuh varian. Hal ini untuk menjangkau segmen lebih luas.

Komunitas | 20 jam yang lalu

Jelang IMOS 2024, Ratusan Bikers Riuhkan Jamboride

Ajang riding bareng bertajuk Jamboride jadi salah satu rangkaian menyambut pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2024 akan berlangsung akhir bulan ini.

Motor Listrik | 20 jam yang lalu

Honda Berkomitmen Produksi Motor Listrik Hingga 2030

Dengan komitmen untuk terus memproduksi sepeda motor listrik hingga 2030, Honda menunjukkan dedikasinya untuk mendukung lingkungan yang lebih bersih.

Tips & Modifikasi | 20 jam yang lalu

Jangan Asal Pencet Tombol Klakson di Sepeda Motor Anda!

Penggunaan klakson pada sepeda motor adalah bagian penting dari etika berkendara, penggunaannya yang tidak bijak dapat menyebabkan masalah di jalan.

Berita | 1 hari yang lalu

Kata Stylo Club Surabaya Soal Daihatsu Kumpul Sahabat

Stylo Club Surabaya menjadi salah satu dari 10 komunitas motor Honda yang hadir di gelaran Daihatsu Kumpul Sahabat Sidoarjo. Bagaimana harapan mereka?

Beranda Trending Motor Listrik