Kronologis Suzuki Katana Hadir di Kemayoran, Ternyata Sudah Lama Dibocorkan

Kronologis Suzuki Katana Hadir di Kemayoran, Ternyata Sudah Lama Dibocorkan

Seperti diberitakan sebelumnya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah menghadirkan Suzuki Katana di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2019 di JIExpo Kemayoran selama 22 Mei – 30 Juni 2019..

Nah, sejatinya pihak SIS sudah membocorkan kehadiran Katana jauh sebelum gelaran JFK dilangsungkan. Kronologisnya adalah pada saat pemberitaan Suzuki Katana menjadi geger lantaran diakui Yohan Yahya, Marketing 2W Departement Head SIS yang dikutip dari pemberitaan Otorider.com sebelumnya. "Kemungkinan kami akan membawa motor sport terbaru Suzuki yaitu Katana ke Indonesia, sekalian melihat pasarnya di sini."

Nah, pengakuan seorang Yohan itu terjadi di Bulan Oktober tahun lalu. Lanjutnya, Suzuki Katana memang motor legendaris. "Maka dari itu kemungkinan akan dihadirkan untuk Indonesia, tapi bukan tahun ini (2018, red), melainkan tahun depan (2019)," ujar Yohan Yahya di sela-sela acara masih di Bulan Oktober 2018.

Suzuki Katana

Sekadar mengingatkan kalau Suzuki Katana di Tanah Air dikenal sebagai label mobil yang merupakan bagian dari keluarga Suzuki Jimny. Tapi pembahasan kali ini, Katana adalah motor legendaris Suzuki.

Nah, melihat sejarahnya, Katana kali pertama dikenalkan pada tahun 1979 hingga 1980-an. Saat itu desain Katana dianggap enggak biasa dan berbeda dari motor sport kebanyakan yang berasal dari Jepang.

Seiring perjalanan waktu, akhirnya pabrikan sepeda motor asal Jepang itu memperkenalkan kembali Katana anyar dan ikut berpartisipasi dalam gelaran otomotif roda dua berskala Internasional yaitu Intermot 2018 di Koln, Jerman.

Baca juga: Suzuki Katana Dipajang di Jakarta Fair Kemayoran, Inilah Profilnya!

Suzuki Katana tidak menghilangkan ciri khas yang terdapat pada lampu depan yang menyatu dengan fairing atau bodi motor. Dengan desain terbaru Suzuki Katana, terlihat lebih aerodinamis dan modern dengan ditanamkannya teknologi terbaru saat ini.

Headlamp Suzuki Katana masih mengusung model kotak yang kaku tapi sudah menggunakan LED serta adanya day time running light yang dipadukan dengan panel speedometer berlayar LCD. Kemudian di bagian kaki-kaki untuk depan menggunakan upside-down 43 mm dan bagian belakang menggunakan monoshock dengan merek KYB.

Daya tarik lainnya yang terlihat pada All New Suzuki Katana 2019 ada di engine cover yang desainnya mengalir hingga ke bagian knalpot. Model knalpotnya tak terlalu besar dan memiliki catalyst di bagian tengah.

Motor sport terbaru Suzuki ini menggunakan mesin berkapasitas 999 cc, empat silinder, berpendingin cair, dan enam percepatan kopling ganda yang bisa menghasilkan tenaga 150 dk pada 10.000 rpm dan torsi 108 Nm di 9.500 rpm. Kemudian untuk sistem pengereman bagian depan menggunakan Brembo berukuran 310 mm yang dikombinasikan fitur ABS buatan Bosch.

Selain itu bobot mesin All New Suzuki Katana juga ringan. Alhasil, menjadikan bobot All New Katana cuma 215 kg.

Penasaran? Langsung saja kunjungi Jakarta Fair Kemayoran!

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id