<
 
Mau Berkendara Aman Saat Musim Hujan? Begini Rumusnya

Mau Berkendara Aman Saat Musim Hujan? Begini Rumusnya

Pengendara sepeda motor harus lebh berkonsentrasi saat berkendara di musim hujan. Pasalnya, pada saat berkendara di saat hujan, permukaan jalan akan berbeda dan cenderung licin. 

Dianjurkan, para pengendara sepeda motor sebaiknya memperhatikan beberapa kondisi, termasuk kendaraan itu sendiri. Mulai dari ban, hingga rem.

Baca juga: Harga All New Honda Vario Dipotong, Buruan Bro!

Selain itu diminta pengendara untuk mengatur kecepatan motor saat hujan, lantaran akan berbeda kondisi dari kontur jalan yang kering. Sekadar catatan kalau di jalan kering, daya cengkeram ban ke aspal lebih maksimal dibandingkan di jalan basah. Berkendara di jalan basah lebih aman dengan kecepatan maksimal 50 km/jam.

“Pertama yang harus diperhatikan ketika berkendara saat hujan turun, gunakanlah jas hujan model pakaian, jangan menggunakan jas hujan ponco, karena bisa tersangkut pada ban belakang,” ujar Jusri Pulubuhu, Instruktur Senior Safety Driving - Jakarta Defensive Driving Consulting .

Jusri Pulubuhu menambahkan, jangan lupa menggunakan helm yang sudah bersertifikasi SNI, dan jaga jarak aman berkendara, serta kecepatan maksimal dalam kondisi basah sebaiknya 50 km.jam. "Sebaiknya lewati jalan yang sudah dikenal kondisi permukaannya agar terhindar dari jalan rusak atau berlubang yang bisa membuat kecelakaan di jalan. Jangan sampai lupa berkendara selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas yang berlaku," tutupnya.

Berkendara Musim Hujan

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id