Ini Detail Motor Yamaha FZ1 yang Dipakai Jokowi Saat Pembukaan Asian Games

Ini Detail Motor Yamaha FZ1 yang Dipakai Jokowi Saat Pembukaan Asian Games

 

Kelincahan Presiden Joko Widodo menggeber moge ketika membuka Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta (18/8), hingga kini masih diperbincangkan. Aksi Presiden Republik Indonesia memukau ribuan penonton. 

Apalagi juga nongol video aksinya dengan lihai menggeber big bike hitam itu dengan gaya freestyle. Terlepas dari keceriaan penonton menyaksikan aksi itu secara langsung maupun sekadar melalui televisi di rumah, sebenarnya seperti apa sosok motor moge tersebut?

Big bike itu bernama lengkap Yamaha FZ1. Motor ini memang biasa dikendarai Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres. Maklum saja model itu dipilih, lantaran moge itu cukup lincah sekaligus bertenaga untuk pengawalan seorang Jokowi. Seberapa keren moge ini?

Baca juga: Patut Berbangga, Motor Buatan Indonesia Ini Akan Menjelajah Himalaya

Yamaha FZ1 Depan

Yamaha FZ1 menggunakan mesin 998 cc DOHC Fuel Injection. Mesin yang serupa juga digunakan oleh superbike Yamaha YZF-R1. Dengan mesin tersebut, Yamaha FZ1 Fazer memiliki tenaga maksimum 92,5 hp dengan torsi puncak 80 Nm. Pastinya, ada beberapa ubahan supaya mesin sedikit lebih jinak dan lebih mudah dikendarai dengan motor model telanjang ini. 

Motor ini punya kembaran, ada satu varian lagi, tipenya FZ1 Fazer yang punya fairing setengah telanjang alias hanya atasnya saja. Meski berstatus moge, tetapi konsumsi bahan bakar FZ1 cukup bersahabat dengan isi dompet, yaitu hanya 6,72 liter tiap 100 kilometernya. Bagaimana dengan harganya?

Bila melihat banderol, Yamaha FZ1 dibanderol US$10.290, atau setara Rp150 jutaan bila menggunakan kurs 1 dollar US sebesar Rp 14.580. Tapi ingat, harga tersebut belum termasuk pajak-pajak yang berlaku di Tanah Air. Di Indonesia hanya ada satu model FZ yang dijual dan menggunakan mesin berkapasitas kecil, yaitu Yamaha Byson atau sering disebut FZ16 di India.

Yamaha FZ1

Data Spesifikasi Yamaha FZ1 :

Mesin 4-Tak, In-line 4 cylinder, Liquid-cooled, DOHC, 5-Valve

Kapasitas 998 cc

Diameter x Langkah 77.0 x 53.6 mm

Rasio Kompresi 10.5:1

Tenaga Maksimum 92,5 dk/9.000 rpm

Torsi Maksimum 80 Nm/7.500 rpm

Starter Electric

Pelumasan Pressurized wet sump

Suplai BBM Fuel injection

Sistem Pengapian T.C.I.

Kopling Basah, multipelat

Girboks Manual 6-speed

 

Sasis Diamond type

Ban Depan 120/70ZR17M/C 

Ban Belakang 190/50ZR17M/C

Rem Depan Hydraulic double disc 

Rem Belakang Hydraulic single disc

Suspensi Depan Telescopic 

Suspensi Belakang Swing arm (linked type)

 

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id