Rossi Pilih Sasis M1 2015 Buat Kompetisi Tahun ini

Rossi Pilih Sasis M1 2015 Buat Kompetisi Tahun ini
Sabtu, 20 Februari 2016 15:05
Hieronimus Girindra

Sepanjang sesi tes pramusim MotoGP di Phillip Island, Australia kemarin, rider Movistar Yamaha, Valentino Rossi mendapat kesempatan untuk mencoba dua tipe sasis. Satu rangka mirip dengan M1 spek 2015 dengan beberapa perbaikan. Lalu satu lagi rangka baru dengan perbedaan cukup radikal, seperti pengisi bahan bakar di belakang jok dan dibuat khusus buat mengantisipasi perubahan ban Michelin, hasil beberapa tes awal selama musim 2015 berlangsung.

Uniknya, meski sudah mencoba berkali-kali, terutama dengan ban Michelin baru dan sistem elektronik yang juga berubah, The Doctor tetap menyukai karakter sasis musim lalu. "Aku menyukai yang 2015 karena aku lebih kencang, utamanya karena aku merasa lebih baik saat riding. Terutama bagian depan," lontar Rossi. 

"Pakai sasis 2016 aku punya tambahan masalah saat masuk tikungan. Aku tak terlalu jauh soal catatan waktu, tapi memang lebih pelan," tukas VR46. "Jadi keputusanku bulat, kita akan balap pakai sasis yang mirip dengan 2015."

Disebut Rossi kalau hasil racikan sasis baru yang direncanakan Yamaha buat 2016 masih mungkin untuk dipakai. Modifikasi dan data sudah didapat, namun menurutnya masih perlu proses panjang. "Kami harus konsentrasi pada saat ini, dengan motor standar aku lebih kencang, jadi kupikir kami akan lanjut dengan sasis itu."

Rossi mencatat waktu kelima tercepat pada hari terakhir tes. Tapi Vale adalah rider Yamaha terkencang dan hanya terpaut 0,277 detik dari pencatat waktu terkencang, Marc Marquez.
Selain sasis, mesin yang akan digunakan buat musim 2016 ini juga masih harus ditentukan. Belum lagi harus melakukan simulasi balap dengan ban Michelin. Sayangnya, kondisi cuaca tak menentu membuat sesi tes tak cukup untuk melakukan pengetesan panjang. 

Kemungkinan dua hal itu akan dilakukan di Qatar, sesi tes pramusim terakhir pada 2-4 Maret nanti. Pada sirkuit ini juga, seri pertama MotoGP 2016 akan digelar pada akhir Maret. (otorider.com)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.