Pengin Adventure Pakai Trail? Perhatikan Poin-Poin Ini

Pengin Adventure Pakai Trail? Perhatikan Poin-Poin Ini
Rabu, 9 Maret 2016 08:15
EL-DN

Maraknya kegiatan off-road roda 2 atau adventure trail ketika weekend menjadi sarana refreshing setelah bekerja. Belakangan malah menjadi gaya hidup dan kian banyak penggemarnya. Meski sifatnya buat bersenang-senang sambil sesekali memompa adrenalin, tetap perlu persiapan pada motor yang akan digunakan menelusuri alam terbuka.

"Tujuannya supaya kegiatan off-road yang dilakukan enggak terkendala urusan motor. Tahu sendiri bila  berada di lokasi seperti di dalam hutan misalnya dan alami kendala. Off-roader bisa mengatasi sendiri masalah motor yang dialami," imbuh Endhot Wijanarko, crosser asal Solo yang tertarik berbagi pengalaman soal kesiapan pada motor yang akan digunakan berpetualangan di alam. So pasti, safety nomor satu. Selain itu buat meminimalisir masalah. Jangan sampai pengin bersenang-senang malah jadi kerepotan, bukan?

Nah, lebih baik cek beberapa poin penting yang mesti diperhatikan terkait motor sebelum berangkat off-road. Biar mudah, bisa dibagi menjadi beberapa hal.

Pertama, meneliti bagian yang motor, terutama bagian komstir. Bila kering apalagi oblak mesti dibongkar dilumasi gemuk. Hal ini berlaku juga pada bushing, seperti pada suspensi Unitrak, swing arm, juga as roda. Lalu amati gir dan rantai. Bila kering dilumasi dengan pelumas rantai. 

Bongkar dan cek filter udara. Cek pula apakah masih kedap air? Karena ada saja kemungkinan motor akan menerobos kubangan air. Cek juga sistem pengereman, mesti berfungsi baik. Bila kampas rem sudah tipis, mending diganti saja. Begitu juga sistem pengapian, seperti busi, bila perlu diganti.

"Bila mau berangkat, jangan lupa bahan bakar diusahakan penuh. Kalau menggunakan motor bermesin 2-Tak, cadangan oli samping dibawa saja. Tekanan ban diperhatikan. Bila treknya kering mungkin 12 psi cukup. Namun bila treknya basah, tekanan ban bisa di bawah itu. Satu lagi, bawa serep handel rem dan kopling, tali kopling, kancingan sambungan rantai, pompa tangan kecil serta toolkit,” saran Endhot saat ditemui di bengkelnya, Endhot Trailshop, Jln.Panjaitan no.1, Solo.

Nah, setelah kelar off-road ada baiknya motor segera dicuci atau dibersihkan. Ogah repot? Cari cuci motor langganan, akan lebih baik. Pasalnya bagian motor yang rentan air perlu diperhatikan, misal bawah sadel, bawah tangki dan lainnya. Selamat beradventure-ria! (otorider.com)

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.