Jangan Salah! Ini Cara Bersihkan dan Rawat Jok Motor Agar Awet

Jangan Salah! Ini Cara Bersihkan dan Rawat Jok Motor Agar Awet
Jumat, 17 Juni 2022 18:30
Afrizal Abdul Rahman

Membersihkan jok kendaraan roda dua menjadi hal yang penting dilakukan. Hal tersebut karena banyak kotoran yang terkumpul akibat debu serta bisa berpotensi menyebabkan goresan kecil.

   Baca Juga: Pantauan Harga Terbaru Kawasaki W175 Series per Juni 2022

Jika goresan ini didiamkan dalam waktu yang lama, maka akan dengan mudah merusak jok. Untuk membersihkan jok motor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Lantas, apa saja? Yuk simak tips di bawah ini seperti dikutip dari laman motorcycleaccident, Kamis (16/6).

Pembersihan

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu melakukan pembersihan dengan spons lembut untuk menghilangkan debu dan kotoran. Tujuannya, agar kotoran di jok tidak masuk ke dalam pori-pori. Selanjutnya, pastikan menggunakan pembersih yang baik supaya tak meninggalkan residu dan tidak mengandung bahan kimia atau mineral yang dapat merusak kulit jok.

Berapa Lama Sih Umur Jok Motor Bawaan Pabrik ?

Langkah-langkah pembersihan jok kendaraan

- Peras pembersih kulit pada spons bersih. Usap jok dengan gerakan memutar dan tidak disarankan untuk menekan dengan keras. 

- Gunakan handuk katun yang bersih untuk mengeringkan sisa pembersih. Lalu, lakukan gerakan melingkar yang sama memakai kain katun lembut untuk mengoleskan krim pelindung.

Jok Motor Honda ADV 150

- Mulailah dengan menghilangkan kotoran yang terlepas. Anda dapat menggunakan penyedot debu atau sikat guna melakukan langkah ini.

   Baca Juga: Perbedaan Keluaran Tenaga dari 2 Riding Mode TVS NTORQ 125 Race XP

Jika ada noda membandel, Anda bisa mencoba dengan sabun cuci piring encer dan larutan air. Gosok area tersebut dengan kain lembut atau sikat, lalu bilas sabun dengan air bersih. Pastikan untuk menguji pembersih pada area yang tidak mencolok terlebih dahulu untuk memastikan tidak merusak bahan jok.

Melindungi jok kendaraan

Setelah jok bersih, Anda dapat melindunginya dari kerusakan di masa mendatang. Caranya bisa menggunakan sarung jok atau rajin menyemprot dengan cairan yang tahan dari sinar ultraviolet. Akan tetapi, sekali lagi pastikan tidak memiliki bahan kimia yang keras.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.