Keunikan Nama Mesin Ducati, Semua Ada Maknanya (I)

Keunikan Nama Mesin Ducati, Semua Ada Maknanya (I)
Jumat, 3 Maret 2017 14:05
Ilham Pratama

Pabrikan motor asal Italia, Ducati kerap memberi nama pada mesin-mesin mereka. Sebut saja Desmosedici, atau Testastretta. Kedengaranya ribet, namun keren. Di balik itu, ternyata ada makna yang tersembunyi dari nama-nama tersebut.

Uniknya, penamaan ini ternyata tak dipengaruhi kapasitas mesin. Jadi, bisa saja motor bermesin 899 cc dan 1.200 cc punya nama yang sama. Tapi agar mudah, kita ulas berdasarkan timeline pengembangan dan hanya nama mesin yang masih dipakai ya.  

"Soal penamaan mesin Ducati, ini ada artinya. Biasanya mengacu pada jumlah klep Desmodromic yang dipakai, atau sudut klep di silinder head," ungkap Rahadi Wibowo, Workshop Manager Ducati Indonesia.

Nah, yang paling awal adalah mesin berjuluk Desmodue. "Ini artinya punya dua klep. Mesin ini memiliki klep paling sedikit di keluarga Ducati. Dan saat ini mesin Desmodue masih dipakai pada semua varian Scrambler, termasuk Sixty2 dan Monster 797," ucapnya.

ducati sixty2

Selanjutnya, ada mesin Desmoquattro yang berarti memiliki empat klep Desmodromic. Mesin ini dikembangkan untuk keluarga superbike Ducati 916. Memang, tak ada lagi motor Ducati yang memakai mesin ini. Tetapi, ini merupakan awal pengembangan mesin modern Ducati, Testastretta.

Tak kalah menarik, Ducati turut mengembangkan mesin Desmosedici khusus untuk balap MotoGP. Dan Desmosedici itu artinya mesin dengan 16 klep. Diambil dari kombinasi kata Desmo yang mengacu pada klep Desmodromic. Serta kata 'sedici' yang artinya 16. "Saat ini, Desmosedici hanya dipakai pada motor balap MotoGP, tapi pada tahun 2008, Ducati pernah memproduksi versi jalan rayanya," jelasnya.

Sudah? Belum, ternyata masih banyak nama mesin dari Ducati. So, tunggu laporan kami selanjutnya ya. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.