Tips Merawat Ban Motor Agar Tahan Lama

Tips Merawat Ban Motor Agar Tahan Lama
Senin, 21 Mei 2018 17:30
Angga M

Setiap sepeda motor mempunyai tipe ban yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pengendara. Seperti diketahui kalau ban mempunyai berbagai jenis, seperti untuk sport, sport touring, cruiser, skuter, off road dan ban balap, baik yang bertipe kering atau basah.

Pastinya setiap pengendara sepeda motor ingin merasakan kenyamanan dalam berkendara, dan tahan lama. Nah, berikut ini tips merawat ban motor agar tahan lama.

“Ban merupakan salah satu bagian penting kendaraan, jangan lupa perhatikan tekanan ban karena sangat berpengaruh pada kondisi pemakaian ban, bila tekanan angin ban sesuai anjuran (pabrikan motor, red), sepeda motor pun akan lebih nyaman dikendarai,” ujar Salomon Manalu, Brand Manager Corsa.

Salomon menambahkan, sebaiknya pengisian angin menggunakan nitrogen untuk perjalanan jauh. Pasalnya, dengan pengisian nitrogen akan membuat ban menjadi enteng buat kecepatan tinggi serta tahan lama dan tidak mudah membuat ban kempes. "Selain itu periksa tekanan angin ban setiap satu hingga dua minggu," jelasnya lagi.

Masih menurutnya, perhatikan kode produksi ban karena ada masa berlakunya yang rata-rata sampai 5 tahun. "Jangan sampai membeli ban dengan kode yang lama, semisal tiga tahun yang lalu," jelasnya. Bila Anda kurang paham untuk urusan membaca kode ban, silakan bawa kerabat yang paham, atau bisa minta penjelasan pada petugas di gerai ban tersebut.

Tambah pria ramah ini, jangan pernah memaksakan melaju jika keadaan ban motor kempes. Pasalnya, hal tersebut akan membuat ban gampang bergelembung atau benjol. "Hindari jalan yang baru dicor atau diperbaiki, karena akan cepat membuat ban motor cepat menipis," jelasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.