Masukan kata kunci yang ingin Anda cari pada kotak diatas.

Tentang Kami
Disclaimer Hubungi Kami Info Iklan Karir Peraturan Media Siber Redaksi Tentang Otorider
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
redaksi@otorider.com (Redaksi)
marketing@otorider.com (Marketing)
Member of :
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.

Piaggio Indonesia Tak Ambil Pusing Soal Banyaknya Kloningan Vespa

Vespa Primavera dan Sprint 2024.
Kamis, 23 Mei 2024
Gemilang Isromi Nuar

OTORIDER - Pada industri otomotif memang terdapat kendaraan yang memiliki tampilan mirip model lainnya. Tapi, ada juga yang membuatnya sangat mirip alias kloningan.

Pada pameran Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS 2024 sendiri ada banyak motor yang desainnya meniru produk lain. Salah satunya motor listrik bernama Ofero Picasso yang serupa Vespa 946 Christian Dior. Hal itu terlihat dari kombinasi warna hingga desain pelek, spion, jok, dan lampu utamanya. Terdapat juga Uwinfly T3, motor listrik dengan desain ala-ala Vespa S 125 yang memiliki harga terendah.

Namun, apa tanggapan PT PID (Piaggio Indonesia) yang merupakan pemegang merek Vespa di tanah air? Menurut PR & Communications Manager PT Piaggio Indonesia, Ayu Hapsari, pihak pabrikan sendiri tidak ambil pusing, karena Vespa asli memiliki ciri khas sendiri.

Menurutnya, produk tersebut tidak mengancam eksistensi Vespa yang dinilai punya sejarah kuat. "Kita bicara secara overall merek tetangga, apakah benar-benar mirip, yang paham Vespa pasti tahu," papar Ayu.

PT PID sendiri juga tidak bisa menuntut secara hak paten desain Vespa yang ditiru merek lain. Sebab, hal tersebut merupakan ranah dari prinsipal Piaggio Group. "Mereka yang lebih berhak melakukan validasi untuk menilai kemiripan dan lain sebagainya," ujar Ayu.

Berbeda dengan Eropa, Pengadilan Uni Eropa secara resmi sudah mengakui desain Vespa. Desain skuter asal Italia itu tidak terbantahkan dan tidak boleh ditiru selain oleh Piaggio. Sehingga motor kloningan atau versi KW dari Vespa tidak boleh diimpor dan dijual di Eropa. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Terbaru

Berita | 1 jam yang lalu

Ragam Pembaruan pada Kawasaki W175L Bermesin Injeksi, Apa Bedanya?

Berita | 1 jam yang lalu

Daftar Pilihan Warna Tiap Varian Yamaha NMax 2024, Ada Apa Saja?

Berita | 1 jam yang lalu

Juni 2024, Berikut Daftar Pilihan dan Harga Motor Matic Suzuki

Sport | 1 jam yang lalu

Bursa Pembalap MotoGP 2025: Bastiani dan Vinales Duet di KTM Tech3

Berita | 6 jam yang lalu

Berita Otomotif Pekan Ini: Honda Stylo, Yamaha NMax Turbo, dan SIM C
Beranda Trending Motor Listrik