Masukan kata kunci yang ingin Anda cari pada kotak diatas.

Tentang Kami
Disclaimer Hubungi Kami Info Iklan Karir Peraturan Media Siber Redaksi Tentang Otorider Privacy Policy
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
redaksi@otorider.com (Redaksi)
marketing@otorider.com (Marketing)
Member of :
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.

Apakah Subsidi Motor Listrik Berlanjut di Era Prabowo?

Minggu, 20 Oktober 2024
Gemilang Isromi Nuar

Para pelaku industri otomotif yang sudah terjun ke lisrtik berharap, program subsidi motor listrik dapat berjalan lebih efektif dan berkelanjutan di tahun 2025.

Test Ride Motor Listrik. (Foto: Otorider)

OTORIDER - Meskipun program subsidi motor listrik berjalan cukup baik, masih ada beberapa tantangan yang perlu diatasi. Salah satu tantangan utama adalah keterbatasan kuota, di mana pada tahun ini masih banyak masyarakat dan para APM menginginkan penambahan kuota subsidi motor listrik.

Tercatat hingga Minggu (20/10), dalam situs resmi Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Roda Dua (SISAPIRa), kuota subsidi untuk motor listrik tahun ini telah habis. Hal itu menunjukkan minat masyarakat yang mulai tertarik membeli motor listrik ini.

Namun, apakah di era pemerintahan Prabowo-Gibran subsidi ini bakal dilanjutkan? Menurut Mantan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, program ini tetap dilanjutkan pada pemerintahan Presiden Prabowo Subianto nanti. "Program subsidi motor listrik lanjutin lah. Ya dong, masa ndak dilanjutin, sudah bagus subsidinya," kata Luhut beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, untuk subsidi tahun ini memang dipastikan tidak akan dilanjutkan. Tapi, program subsidi motor listrik berpotensi besar untuk dilanjutkan di 2025. Beberapa faktor yang mendukung hal ini antara lain:

Tingginya minat masyarakat: 

Antusiasme masyarakat terhadap motor listrik semakin meningkat, terbukti dari cepatnya kuota subsidi habis setiap tahun.

Potensi pasar yang besar: 

Indonesia memiliki pasar otomotif yang sangat besar, sehingga pengembangan industri motor listrik memiliki potensi yang sangat menjanjikan.

"Kemungkinan pemerintah tidak akan menambah lagi kuota untuk tahun ini, takutnya subsidi Rp 7 juta itu tidak terbayarkan dan akan menjadi beban perusahaan APM. Menurut saya, mending di tahun 2025 baru diadakan kuota tambahan," papar Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI), Budi Setyadi saat dihubungi Otorider.

Budi juga menjelaskan pihaknya sedang berkordinasi dengan pemerintah, yang tengah menimbang-nimbang rencana subsidi motor listrik bakal berlanjut di era Prabowo. "Untuk 2025 sedang dilakukan perancangan serta penggodokan skemanya seperti apa," ungkap Budi.

Dari sisi produsen motor listrik pun berharap program ini dilanjutkan pada pemerintahan selanjutnya. Meski begitu, hingga kini belum ada kepastian lebih lanjut terkait program bantuan subsidi motor listrik. "Kami berharap bisa dilanjutkan (subsidi motor listrik). Karena dengan adanya subsidi akan membuat penerimaan di konsumen jadi lebih baik," papar Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), Octavianus Dwi Putro saat peluncuran motor listrik Honda beberapa waktu lalu. (*)

Tag
Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Ikuti Channel kami pada tombol dibawah ini.

Trending

#1

Jelang Purnatugas, Jokowi Bawa Pulang Dua Motor Kustomnya

#2

Catat 14 Pelanggaran yang Jadi Fokus Operasi Zebra 2024

#3

Masalah Ini yang Bikin Takut Calon Konsumen Motor Listrik

#4

Kata Stylo Club Surabaya Soal Daihatsu Kumpul Sahabat

#5

Komunitas BMW Motorrad Indonesia Rayakan Kemenangan Toprak di WSBK 2024

Terbaru

Motor Listrik | 9 jam yang lalu

Apakah Subsidi Motor Listrik Berlanjut di Era Prabowo?

Para pelaku industri otomotif yang sudah terjun ke lisrtik berharap, program subsidi motor listrik dapat berjalan lebih efektif dan berkelanjutan di tahun 2025.

Berita | 12 jam yang lalu

Perbandingan Dimensi Honda CUV e: dan Vario 125, Besar Mana?

Lantas, seberapa besar ukuran dimensi motor listrik Honda CUV e:? Bagaimana bila dibandingkan dengan Honda Vario 125? Lebih besar mana?

Berita | 13 jam yang lalu

Harga Terbaru Honda BeAT, Scoopy, dan Genio per Oktober 2024

Di segmen ini, PT Astra Honda Motor (AHM) menawarkan beberapa pilihan model, yakni Honda BeAT, Scoopy, dan Genio. Berapakah harga terbarunya?

Sport | 13 jam yang lalu

Hasil MotoGP Australia 2024: Marquez Ungguli Martin-Bagnaia

Marc Marquez berhasil menunjukkan penampilan yang sangat impresif saat menjalani Race utama MotoGP Australia 2024 pada Minggu (20/10).

Sport | 17 jam yang lalu

Hadapi MotoGP Australia 2024, Marquez Siap Bekerja Keras

Pembalap Gresini Racing itu memiliki selisih waktu 1,520 detik dibandingkan Jorge Martin yang menjadi juara. Lantas, bagaimana persiapan Marquez?

Beranda Trending Motor Listrik