Masukan kata kunci yang ingin Anda cari pada kotak diatas.

Tentang Kami
Disclaimer Hubungi Kami Info Iklan Karir Peraturan Media Siber Redaksi Tentang Otorider
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
redaksi@otorider.com (Redaksi)
marketing@otorider.com (Marketing)
Member of :
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.

Hati-hati Bersihkan Saringan Udara Motor Injeksi!

Selasa, 22 Maret 2016
Jeffry Yanto S.

Filter udara basah tersemat pada matik injeksi, misalnya diaplikasi oleh Honda Beat PGM-Fi, dan Honda Vario 125 eSP, sebenarnya mirip dengan saringan pada sistem karbu. Terbuat dari bahan kasa yang halus dan terdapat pelumas guna menangkap debu agar tidak menggangu sistem pembakaran. Harap ingat, berhati-hati membersihkan saringan udara seperti ini. Lho, kenapa? 

“Sebenarnya tidak boleh dibersihkan, di filter udaranya saja tertulis peringatan tidak boleh dibersihkan. Selain itu buku panduan service di kedua matic tersebut juga tercantum 15.000-20.000 km filter udara harus diganti," ujar Meyrully, Kepala Mekanik bengkel resmi Honda di Jl.Ciledug Raya, Jakarta Selatan. 

Meyrully menambahkan, jika dibersihkan, apalagi dengan cara menyemprotkan udara ke filter secara frontal (seperti tampak pada foto di atas), karena akan merusak bahan penyaringnya. Otomatis kotoran lebih leluasa masuk pada sistem pembakaran. Jika sudah begitu, mesin malah jadi mudah kotor. Tarikan motor bisa jadi berat, bahan bakar juga jadi lebih boros. 

Semprotkan angin miring dari samping

Mengingat keadaan jalanan tanah air, Meyrully menganjurkan untuk ganti. "Meskipun jarak tempuhnya masih terbilang jauh dari ketentuan buku panduan. Sebab, dibersihkan dengan cara tersebut juga tidak berpengaruh, soalnya yang bersih hanya permukaan atasnya, dalamnya kan enggak. Semakin lama kotorannya menumpuk,” jelas pria ramah ini.

Kalau kotoran sudah menumpuk, saringan bisa mampat. Tenaga mesin jadi ngeden. Wajar saja untuk menggantinya, jika ingin kinerja motor selalu prima. Apalagi harga filter udara Beat PGM-Fi dan Vario 125 eSP masih terjangkau, hanya Rp 45 ribu. Eces, lah.. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Terbaru

Tips & Modifikasi | 12 jam yang lalu

70 Motor Hadir Ramaikan The Elite Showcase 2024

Berita | 20 jam yang lalu

FOTO: Motor Besar Harley-Davidson Diadu dalam Drag Race

Berita | 21 jam yang lalu

HOGRES Gelar Drag Race Harley-Davidson di Jakarta

Motor Listrik | 22 jam yang lalu

Seperti BBM, Harga Sewa Baterai Motor Listrik Polytron Bakal Naik?

Komunitas | 1 hari yang lalu

Intip Keseruan Pengendara Wanita Motoran dengan Skutik Classy Yamaha
Beranda Trending Motor Listrik