Begini Cara Terbaik Memilih Oli Motor Yang Bagus

Begini Cara Terbaik Memilih Oli Motor Yang Bagus

Memilih oli motor terbaik memang terkadang menyulitkan beberapa pemilik kendaraan.

Pemilihan oli motor terbaik akan berhubungan dengan performa mesin motor kamu. Kalau salah pilih, bisa-bisa mesin motor cepat rusak dan tidak bisa digunakan seperti saat pertama kali beli.

Masing-masing oli memang punya karakteristik yang berbeda satu sama lain. Nah, sebenarnya memilih oli motor terbaik sangatlah mudah. Ada beberapa hal utama dan mendasar yang harus kamu perhatikan.

Pertama, kamu harus memperhatikan kadar kekentalan olinya (SAE). Yang kedua, perhatikan juga ya tingkat kualitasnya berdasarkan Kode JASO dan jenis bahan dasar oli untuk motor.

Oh ya, kamu sudah tahu belum apa itu JASO dan SAE?

Oli sepeda motor menggunakan standarisasi JASO (Japan Automobile Standard Organization).

JASO membedakan antara mesin 2 tak dan 4 tak, yakni untuk mesin 2 tak JASO melabeli oli motor dengan kode JASO FA, JASO FB, dan JASO FC sedangkan untuk mesin 4 tak kodenya adalah JASO MA dan JASO MB.

JASO MA adalah standar kualitas oli untuk sepeda motor dengan kopling basah. Maksudnya motor dengan konstruki rumah kopling terendam oli. Sedang JASO MB untuk sepeda motor kopling kering. Seperti motor matic yang koplingnya tidak terendam oli, tulis laman oli TOP1 Indonesia.

Nah, Kode SAE merupakan singkatan dari Society of Automotive Engineers. SAE berfungsi untuk mengetahui kode pengenal oli berupa angka. Semakin besar angka di belakang menandakan kentalnya oli tersebut.

Selanjutnya, kamu juga harus memahami bahan dasar pembuatan oli untuk motor. Soalnya, beda spesifikasi mesin, berbeda pula bahan dasar yang digunakan. Berikut ini beberapa bahan dasar pembuatan oli motor

1. Oli mineral
Oli Motor Ini menggunakan penyulingan mineral dari bumi. Karena ini merupakan teknologi pertama, jenis oli motor ini memiliki berbagai kekurangan. Namun, masih ada beberapa mesin motor yang harus menggunakan jenis oli ini.

2. Oli Sintetik 
Oli sintetik merupakan teknologi penyulingan terakhir. Oli ini diproses secara kimiawi untuk menghasilkan viskositas yang stabil dan sesuai dengan mesin kendaraan bermotor kamu. Terbuat dari bahan dasar produk petroleum seperti ettylene, mempunyai kemampuan pelumasan yang terbaik dibandingkan jenis bahan dasar oli lainnya.

Salah satu merek oli motor dengan bahan sintetik terbaik saat ini adalah Oli TOP1 Evolution Series. TOP1 Evolution series tersedia untuk motor matic maupun sport. Oli TOP1 Evolution Series mampu menjaga performa mesin motor matic kamu tetap dalam kondisi prima.

3. Oli semi-sintetik
Oli ini merupakan paduan antara oli mineral dan sintetik. Kualitas ini berada di tengah antara mineral dan oli sintetik. Dari segi harga, harganya berada di bawah oli sintetik. Salah satu oli yang berbahan dasar semi-sintetik terbaik saat ini adalah Oli TOP1 Action Matic Series dan Oli TOP1 MC Series.

Nah, itulah tips dan trik dalam memilih oli motor terbaik agar motor kamu selalu di dalam performa terbaik.

Untuk mempermudah kamu menemukan rekomendasi oli motor terbaik, langsung saja klik di sini

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id