Bengkel Ini Bisa Modif Mesin Standar Menjadi V-Twin Ala Harley-Davidson

Bengkel Ini Bisa Modif Mesin Standar Menjadi V-Twin Ala Harley-Davidson

Berbicara soal modifikasi, mungkin tidak ada habisnya. Berbagai jenis aliran modifikasi, dari yang simple hingga ekstrem sepertinya juga telah menjadi ciri khas bengkel tertentu. Melihat fenomena tersebut, ada yang menarik dari daerah Cipondoh, Tangerang. Pasalnya bengkel Oji Motor 2 Silinder (OM2S) menawarkan paket custom dengan cara yang terbilang antimainstream.

Bagaimana tidak? Bengkel yang bermarkas di Jl. KH Hasyim Ashari, Gondrong Kenanga, No. 16, RT 004/01, Cipondoh, Tangerang ini menyediakan paket untuk menambah cc motor. Eits, namun bukan bore up sepeti bengkel pada umumnya. OM2S menyediakan jasa membuat motor standar, menjadi tampil layaknya motor besar dengan tipe mesin yang beragam.

“Awalnya kita (OM2S) itu bergerak di bidang balap, tapi setelah melakukan riset dan banyak permintaan, OM2S akhirnya beralih bidang. Sekarang, kami membuat mesin motor by request, segala jenis motor 4-Tak atau 2-Tak bisa dibuat menjadi V-Twin, L-Twin, atau inline juga bisa dibuat sesuai permintaan,” ujar Rizky Fauzi, pentolan OM2S.

Namun untuk mesin yang dibuat bukan sekedar digabungkan. Pada tipe twin, menggunakan crankcase standar yang diberi lubang, kemudian ditambahkan blok baru serta di las menggunakan las argon.

OM2S

Kemudian pada tipe inline cylinder, menggunakan dua crankcase yang digabung menjadi satu. Setelah dua crankcase digabungkan, blok mesin pun ditambah dan di gabungkan menggunakan las argon. Sehingga pada tampilan mesin tipe in line menjadi lebih lebar.

OM2S

“Mesin bukan hanya sekedar digabungkan untuk hiasan, jadi sesuai perhitungan, setelah disatukan kapasitas mesin pun menjadi bertambah dua kali lipat,” tambah Oji sapaan akrabnya.” 

Bagi yang tertarik, Anda cukup membawa motor yang akan dibuat, OM2S pun akan menyediakan mesin tambahan untuk motor yang akan dimodifikasi. Menariknya, seluruh mesin yang telah rampung juga aman untuk digunakan harian, ditambah garansi hingga satu tahun. 

“Kami sudah menyediakan beberapa paket, jadi bagi customer tinggal datang saja dan kami juga menyediakan mesin donor untuk digabungkan. Selain itu, kami juga memberi garansi hingga satu tahun. Tapi alhamdulillah sampai saat ini mesin belum ada yang sampai jebol," tambah pria lulusan Teknik Mesin ini.

Oji juga menambahkan, untuk perawatan motor pun layaknya motor pada umumnya, hanya saja harus melebihkan komposisi pemberian oli mesin. “Perawatannya sih sama saja kayak motor standar, tapi karena mesin double, penggunaan oli harus ditambahkan sekitar 130%,” tambahnya.

Nah bagi yang tertarik, sepertinya harus menyediakan kocek lebih ya, pasalnya pembuatan motor di OM2S ini dibanderol mulai dari Rp 17 juta hingga Rp 55 juta, tergantung tipe dan jenis motor. Selain itu, Anda juga harus ekstra bersabar, karena  setiap pembuatan satu mesin bisa mencapai enam bulan.

“Prosesnya memang relatif lama, karena banyak proses yang harus teliti mengerjakannya supaya motor tetap aman dipakai dijalan. Jadi lebih baik mengutamakan kualitas dibanding kuantitas,” tutup Oji. Siapa berminat?

 

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id