Catat, Selang Rem Komponen Penting yang Harus Diperhatikan

Catat, Selang Rem Komponen Penting yang Harus Diperhatikan
Jumat, 28 Desember 2018 17:30
Hafiz Raka Wibisono

Rem merupakan komponen terpenting dalam sepeda motor. Sistem pengereman terbagi menjadi beberapa bagian penting untuk diperhatikan, yaitu master rem, cakram, minyak rem  hingga selang rem.

Nah kerap luput dari perhatian para bikers yaitu selang rem (brake hose), padahal piranti ini juga menjadi penting untuk diperhatikan.

Fungsi utama dari piranti ini adalah sebagai jalur menyalurkan minyak rem ke master rem, sehingga bisa mendorong piston untuk menjepit cakram rem dan menghasilkan pengereman. Jika tidak diperhatikan, piranti ini bisa berakibat fatal yaitu rem blong dan hal ini bisa mencelakakan riders.

Mengenai selang rem, yang harus diperhatikan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan yaitu sering mengecek kondisi fisiknya. Yang pertama dilihat adalah apakah selang rem sudah mengembang atau tidak, jika sudah mengembang segera ganti piranti tersebut karena tidak dapat lagi memberikan tekanan yang optimal kepada master rem yang menyebabkan rem menjadi blong atau loss.

Yang kedua yang harus diperhatikan adalah tekstur fisik dari selang rem tersebut. Jika ada keretakan pada selang rem, hal ini menandakan selang rem sudah mengalami getas. Pasalnya biasanya selang rem yang berasal dari pabrikan terbuat dari material karet yang dapat getas ketika sudah berumur dua hingga tiga tahun. Jika hal tersebut terjadi pada selang rem, segera ganti piranti tersebut karena dapat menyebabkan kebocoran dari minyak rem.

“Kalau sudah mengembang bisa berbahaya, karena tekanan pada rem enggak optimal lagi, mungkin bisa menyebabkan rem blong," jelas Herman, sales consultant One3 Motoshop.

Selain itu, untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan pada sistem pengereman, gantilah selang rem dengan material yang lebih kuat. Di pasaran kini banyak produk after market  salah satunya adalah selang rem keluaran pabrikan Hel Perfomance Brake, yang terbuat dari bahan braided stainless steel dan diklaim lebih kuat dari selang rem pabrikan dalam menahan panas dan menahan getas.

Selang rem ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 950 ribu untuk motor sport 250 cc, dan juga tersedia berbagai pilihan warna. Jika tertarik untuk mengupgrade piranti pengereman Anda, bisa sambangi workshop One3 Motoshop  di Jl BSD Utama Raya, Ruko Mendrisio 3 Blok B No 17, Paramount Serpong, Tangerang, Banten.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.