Honda dan Ducati Bersiap Bikin Superbike Bermesin V-4

Honda dan Ducati Bersiap Bikin Superbike Bermesin V-4
Selasa, 14 Februari 2017 11:30
Ilham Pratama

Di segmen superbike, baik pabrikan motor asal Jepang, Honda maupun produsen asal Italia, Ducati punya pakem mesin masing-masing. Di mana Honda lebih memilih mesin 4-silinder segaris pada CBR1000RR Fireblade dan Ducati memakai mesin L-Twin di Panigale 1199R. Namun, keduanya bakal kompak di masa depan.

Pasalnya, baik Honda maupun Ducati ditengarai tengah mengembangkan mesin baru untuk superbike mereka dengan konfigurasi V-4. Mesin berkonfigurasi V-4 sendiri sudah digunakan keduanya di ajang MotoGP.

Honda bahkan sudah mengajukan paten desainnya. Dan dalam bocoran yang dilansir Morebikes, superbike anyar ini akan mengusung desain knalpot side mounted, bukan under tail layaknya mesin V-4 lain. Dari bocoran desain tersebut juga bisa dilihat jika Honda akan mengandalkan air sccop dan winglet kecil di bagian belakang untuk menunjang daya aerodinamis.

ducati

Sementara Ducati memang belum menampilkan paten desainnya, namun kabar kehadiran superbike bermesin V4 mereka sudah lebih lama beredar.

Saat itu, Ducati CEO, Claudio Domenicali menyatakan jika mesin dengan konfigurasi V4 yang ada di motor balap Ducati Desmosedici sangat mungkin dilakukan. “Kami punya mesin yang kuat, ringan, kompak dan berteknologi tinggi. Kami berpikir serius untuk membawanya pada konsumen, karena mesin ini merupakan masterpiece. Namun, jelas kami ingin membuatnya lebih terjangkau, mungkin menjadikannya sebuah motor high end sport bike harian,” jelasnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.