Masih Bingung Dengan Kode Oli Motor Multi Grade? Ilmu Penting nih Buat Bikers!

Masih Bingung Dengan Kode Oli Motor Multi Grade? Ilmu Penting nih Buat Bikers!
Minggu, 21 Oktober 2018 09:00
Danu P Dirgantoro

Pernah kebingungan dalam memilih oli karena banyaknya varian oli di pasaran? Sebenarnya memilih oli itu mudah lho, asalkan Anda paham dengan yang namanya kode SAE oli. Tenang, kali ini Oli TOP 1 akan memberi panduan mengetahui arti SAE oli motor.

SAE sendiri merupakan kependekan dari nama badan Society of Automotive Engineers. SAE bisa dibilang adalah organisasi internasional yang indeks kekentalannya dipakai secara global. Dalam pengaplikasiannya di sebuah produk oli motor, nilai SAE contohnya ditulis 10W-40. Sebagai contoh, oli TOP 1 Evolution Matic 10W-40.

Arti SAE oli motor tersebut berarti oli itu memiliki sifat di suhu dingin seperti oli single grade SAE 10. Sedangkan pada suhu tinggi memiliki sifat seperti oli single grade SAE 40.

Intinya untuk mengetahui arti SAE oli motor adalah dengan berpatokan pada huruf W. Gampangnya, angka sebelum huruf W menandakan sifat oli motor di suhu dingin dan angka setelah huruf W menandakan sifatnya di suhu panas. Nah yang harus diketahui juga adalah oli motor diformulasikan dengan menyesuaikan kondisi alam dan jenis/type kendaraannya. Hal ini lah yang membuat kode SAE oli motor memiliki kode kekentalan yang beragam.Terutama untuk penggunaan di daerah dengan suhu ekstrim.

Setelah memahami arti SAE Oli motor, Anda juga harus paham pengaplikasian oli yang encer dan oli yang kental. Pada kondisi cuaca atau alam yang dingin, oli Encer bakal lebih gampang mengalir. Sedangkan oli kental bisa berubah menjadi padat dan justru merusak mesin motor karena mesin akan sulit dihidupkan. Lalu pada kondisi mesin panas, oli motor encer tidak bisa memberi efek pelumasan maksimal di dalam mesin. Maka dibutuhkan oli yang lebih kental.

Mudah bukan? Selalu gunakan oli mesin yang sesuai dengan kebutuhan mesin Anda, seperti TOP 1 Evolution Series yang mampu menjaga performa mesin terbaik motor di segala kondisi dan cuaca. Oli TOP 1 telah berpengalaman dalam memproduksi oli Full Synthetic berkualitas terbaik. TOP 1 Evolution Series fully synthetic jelas lebih baik dibandingkan dengan oli non-synthetic biasa, karena memiliki usia pakai lebih lama, tahan terhadap temperatur tinggi dan oksidasi dan melindungi mesin lebih baik dan efesiensi bahan bakar yang lebih hemat

Tag
Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.