Michelin Siapkan Ban Belakang Asimetris Untuk MotoGP Qatar 2019

Michelin Siapkan Ban Belakang Asimetris Untuk MotoGP Qatar 2019

Setelah beberapa bulan melakukan persiapan dan melalui rangkaian tes, Michelin mengumumkan ketersediaan ban untuk gelaran MotoGP musim 2019, terutama untuk seri pembuka di Qatar nanti. Michelin menyebut ban yang tersedia akan mampu mengakomodir karakteristik lingkungan sirkuit Losail yang unik.

“Kami melalui sesi tes pramusim dengan sukses dengan mengenalkan beberapa kompon slick yang kami kembangkan, dan para rider puas dengan perfomanya. Jadi, ban ini akan ditambahkan pada ketersediaan untuk 2019,” ujar Piero Taramasso, Michelin Motorsport two wheel manager, seperti dilansir oleh situs resmi MotoGP..

Baca Juga : Helm Bell Eliminator Spectrum Bergaya Vintage Sudah Hadir di Indonesia

Khusus buat Qatar, Michelin menyiapkan ban dengan karakter spesifik. Hal ini disebabkan karakter unik sirkuit ini. Pertama, letaknya dikelilingi gurun pasir, sehingga sering kali pasir terbawa hingga lintasan sirkuit. Menggelar balap sore, temperatur sirkuit akan turun drastis memasuki malam hari. Efeknya, bisa turun embun di permukaan trek dan membuatnya menjadi licin.

Mengantisipasi hal itu, ban Michelin nantinya berjenis simetris di depan dan asimetris belakang. Michellin juga mempersiapkan ban terbarunya dengan 3 bahan kompon, yaitu soft (pita putih), medium (polos) dan hard (pita kuning).

Yang menarik, ban belakang yang berjenis asimetris ini menggunakan kompon yang lebih keras pada bagian dinding ban sebelah kanan. Hal ini dipersiapkan agar rider mendapat perfoma lebih baik, untuk menghadapi sirkuit yang memiliki 10 tikungan kanan, dan 6 tikungan kiri.  

“Losail adalah trek yang bagus untuk Michelin sejak kami bergabung kembali (ke MotoGP). Sirkuit ini memiliki keunikan dengan berbagai keistimewaan permintaan, jadi kami bertekad untuk memberikan perfoma terbaik kembali tahun ini, itu yang kami lakukan di setiap sirkuit yang kita datangi,” tegas Pierro.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id