Modifikasi Honda CRF250 Rally, Minim Aksi Sarat Fungsi

Modifikasi Honda CRF250 Rally, Minim Aksi Sarat Fungsi

Honda CRF250 Rally merupakan sebuah motor bergaya adventure yang DNA nya diambil langsung dari besutan Reli Dakar. Terlahir tinggi dan kekar, sukses membawa kesan sebagai motor penjelajah sejati pada CRF ini. Uniknya, riding berpetualang yang kini kian digandrungi mencuatkan beberapa fungsi tambahan yang cukup menunjang. Nah, salah satu aplikasinya tampak pada modifikasi ini. 

Untuk memperkuat kesan sebagai motor penjelajah, workshop Anjany Racing yang berokasi di Jl.Arteri Kelapa Dua No 21, Kebon Jeruk, Jakbar, menyulap CRF 250 Rally keluaran tahun 2018 ini dengan ubahan minimalis namun sarat fungsi. Melirik tampilan, memang sekilas tidak ada yang berubah dari desain motor yang memiliki lampu asimetris di depan ini. Namun diperhatikan detail, baru nongol berbagai fungsi barunya.

"Konsepnya adalah motor overland camping. Jadi modifikasi dilakukan dengan melakukan part-part untuk mendukung itu," ujar Angga Kurniawan, owner Anjany yang memegang langsung project motor ini.

Paling kelihatan, ubahan yang dilakukan adalah penambahan lampu sorot LED keluaran Clear Water tipe Darla. Lampu asal Amerika ini memang favorit di kalangan pecinta motor adventure. Pasalnnya, lampu ini dilengkapi teknologi pengaturan intensitas cahaya.

Untuk memperkuat kesan adventure, motor ini juga mendapat ubahan handguard. Sekarang terpasang merk Barkbuster dengan kelir merah. Ternyata, setangnya pun menggunkan keluaran Barkbuster, tepatnya tipe Fuzion. Masih dalam rangka pengamanan, di bawahnya dipasangkan crash bar buatan M15 untuk menjaga bagian bawah mesin motor ini.

Pada bagian kaki-kaki, memang masih menggunakan suspensi bawaan. Hanya saja lingkar roda diperkuat dengan pelek keluaran ROZ di depan dan belakang. Lantas ban yang membalutnya juga dibuat lebih kecil profilnya agar lebih jenjang. Karet bundar menggunakan Dunlop dengan ukuran 80/100R21 di depan, dan 120/80R18 di belakang.

Fungsionalitas tampak lagi dengan memasang bracket untuk boks, baik di belakang maupun di samping. Sepertinya hanya itu yang tampak kasat mata. Namun ternyata ada lagi upgrade yang tersembunyi.

Tak hanya di sisi aksesoris, demi menunjang perfoma, motor ini mendapat ubahan besar pada bagian mesin. Kini mesinnya sudah ditingkatkan kapasitasnya menjadi 350 cc. Cukup mudah, Angga menggunakan piston CP Carillo berdiameter 84 mm yang dipasangkan dengan blok keramik Kawahara. Dengan komposisi ini, didapat kompresi 11,8:1. Selanjutanya, menyesuaikan bore up, motor ini juga dibenamkan ECU Power Commander V untuk mengatur ulang asupan bahan bakar. Terakhir, pembuangan gas sisa pembakaran disempurnakan dengan knalpot full system keluaran Pro Speed TX Spider Series.

 

Data Modifikasi Honda CRF250 Rally :

Pelek : ROZ

Ban : Depan, Dunlop D952 80/100 R21, Belakang 120/80 R18

Lampu : Led Clearwater Darla 3 titik.

 Handguard : Barkbuster

Setang : Protaper Fuzion

Crashbar: M15

Rantai : EK Racing

Shock : Belakang YSS

Mesin :  Stroke & Bore Up 350 cc

Piston : CP Carillo 84mm

Blok :  Ceramic Kawahara

Crankshaft : CBR 300 600mm

Knalpot : Prospeed Full Stystem

CRF 250 Rally Anjany

CRF 250 Rally Anjany

CRF 250 Rally Anjany

CRF 250 Rally Anjany

CRF 250 Rally Anjany

 

CRF 250 Rally Anjany

CRF 250 Rally Anjany

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id