Radiator Aluminium Maksimalkan Kerja Mesin di Suhu Ideal

Radiator Aluminium Maksimalkan Kerja Mesin di Suhu Ideal
Rabu, 23 Desember 2015 09:55
Danu P Dirgantoro

Radiator aluminium ternyata cukup ampuh untuk meredam panas mesin ketimbang radiator standar. Khusus bagi motor yang sudah ada radiator dari bawaan pabrikannya tentu perangkat pendingin mesin tersebut jadi kelebihan tersendiri . Namun dengan pakai radiator berbahan aluminium, kinerja mesin tentu bisa lebih optimum karena bekerja pada suhu yang lebih rendah.

Serunya lagi, radiator jenis ini bisa diaplikasi untuk harian dan juga balap. “Buat harian di motor yang mesinnya masih standar bisa kok dipasang,” ujar Amir Hamzah, punggawa Abirawa Speedshop. “Kelebihannya tentu suhu kerja mesin bakal lebih rendah. Bobotnya juga lebih ringan. Perawatannya juga engga ada bedanya dari radiator standar. “

Radiator DKT dengan dimensi yang ringkas

Abirawa Speedshop yang berlokasi di daerah Pinang Ranti, Jakarta Timur itu menjual radiator aluminium bermerek DKT asal Thailand. “Bisa untuk motor apa aja, tentu yang udah pakai radiator ya. Harganya Rp. 1,4 juta belom ongkos pasang. Sama ongkos pasang ya tambah Rp. 100 ribu aja deh,” kekeh Amir.

Karena dimensi radiator after market tersebut yang lebih kecil maka penyesuaian perlu perhatian khusus. “Perlu bracket tambahan yang akan kita sesuaikan dengan lokasi penempatan. Dan tidak boleh goyang-goyang setelah dipasang,” urai Amir.

Pun begitu dengan Yamaha R25 milik tim Racetech Performance ARacer. “Untuk fitting radiator aluminium ini kita bikin dudukan dan bracket sebesar dimensi radiator tersebut. Karena kita pake radiator yang ukurannya lebih besar dari standar,” ujar Leon Chandra, manajer tim yang menurunkan R25nya di OMR Yamaha.

“Radiator ini aslinya bukan buat R25, tapi buat Kawasaki Ninja 250. Mereknya USR, bagus kok performanya,” pungkas Leon yang andalkan radiator lokal. “Saat balapan siang di sirkuit Sentul yang panas, suhu mesin hanya 80 dearajat celcius. Kalau radiator standar bisa sampai 108 derajat celcius. Jadi durabilitas mesin terjaga banget,” ungkap pria yang juga hobi balap mobil ini. (otorider.com)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.