<
 
Rantai Motor Cepat Aus di Musim Hujan, Begini Cara Merawatnya!

Rantai Motor Cepat Aus di Musim Hujan, Begini Cara Merawatnya!

Buat pengendara motor sport dan bebek, kapan terakhir melihat rantai dan gir motor Anda? Kondisi cuaca yang tidak menentu, terkadang hujan dan panas, ternyata sangat mempengaruhi kondisi rantai dua komponen tadi, sehingga akan cepat aus.

Kedua komponen itu perlu pelumasan untuk menjaga kondisinya agar tetap bekerja optimal. Nah, padahal siraman air saat musim hujan atau setelah mencuci motor akan mengurangi pelumasan yang menempel di mata rantai. Nah, apalagi buat Anda yang senang menjaga kondisi motor tetap bersih, pasti akan mencuci setelah kehujanan bukan? Air bisa meluluhkan lebih banyak pelumas rantai.

Jika di rantai sudah tidak ada lagi pelumasan pada rantai, maka rantai akan kering. Jika dibiarkan akan mengakibatkan bunyi di bagian rantai dan mempercepat masa pakai rantai. Maka, selayaknya, Anda menjaga pelumasan setelah kehujanan atau mencuci motor. Perhatikan juga pelumas yang dipergunakan.

"Sebaiknya menggunakan minyak rantai (chain lube, Red), dan jangan menggunakan oli apalagi bensin,” ujar Taufiqurrohman, Head of Technical Service Function Wahana  Honda. Selain itu, Taufiqqurrohman juga menambahkan kebanyakan orang melumasi gir dan rantai menggunakan oli bekas. "Saya tidak menyarankan untuk melumasi rantai dan gir menggunakan oli bekas, karena dengan dilumasi oli bekas, maka debu akan cepat menempel di bagian gir dan rantai. Akibatnya menyebabkan keausan pada gir dan rantai."

Jika dibiarkan, rantai menjadi kering dan akan menyebabkan keluarnya bunyi. Paling parah, bisa putus rantai saat berkendara. Oh iya, pelumasan rutin pun sebaiknya dilakukan agar kondisi rantai tetap terjaga.

"Lebih baik dilakukan setiap kali selesai mencuci motor atau sehabis terkena hujan. Gunakan chain lube setiap dua hari sekali dan harus tetap memperhatikan gir dan rantai setiap harinya," tandasnya. Memeriksa rantai pun sebenarnya merupakan salah satu teknik safety riding untuk mengecek kondisi motor sebelum dikendarai. Setuju?

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id