Simak Komentar Lorenzo, Vinales Dan Rossi Terkait Insiden MotoGP Catalunya

Simak Komentar Lorenzo, Vinales Dan Rossi Terkait Insiden MotoGP Catalunya

Selama musim 2019, Jorge Lorenzo menunjukan performa terbaiknya saat di MotoGP Catalunya yang baru saja diselenggarakan (16/06). Memulai race dari urutan ke-10, pembalap tim Repsol Honda ini berhasil bersaing dengan grup lima besar di awal race.

Namun nasib buruk kembali menimpa Lorenzo, bagaimana tidak? memasuki lap kedua, Lorenzo kehilangan grip ban depan yang membuatnya kehilangan keseimbangan sehingga crash di tikungan ke-10.  Andrea Dovizioso serta duo Yamaha Maverick Vinales dan Valentino Rossi yang tidak dapat menghindari Lorenzo pun ikut terjatuh, sehingga keempat rider tersebut gagal finish di Catalunya.

Baca Juga : Marquez Menang MotoGP Catalunya, Lorenzo Sebabkan Kecelakaan Beruntun

Diakui Lorenzo, ia mulai pede menggeber RC213V, terutama soal pengereman. Ia melihat kesempatan saat Maverick mendekati Marc, menggunakan slipstream untuk coba masuk. "Tapi sepertinya aku mencoba menyalip Maverick di saat dan tempat yang salah," sesal Lorenzo.

 "Aku nggak melakukan pengereman gila. Aku kurang lebih ada di sebelah Maverick dan mengerem cukup normal. Masalahnya, banyak rider yang berdekatan," lanjutnya seraya bilang mendadak ban depan kehilangan grip saat ia berusaha untuk tidak menyundul Dovizioso. 

"Pastinya, yang terparah, lebih parah dari aku terjatuh, adalah aku membuat tiga rider lain terjatuh. Karena mereka sedang bertarung untuk kejuaraan. Aku tidak, aku sangat jauh di belakang, aku hampir nggak punya poin dan nggak masalah kalau terjatuh," bebernya.

X-Fuera mengakui kesalahannya. “Kecelakaan ini benar benar kesalahan saya, apalagi tiga pembalap lain harus jatuh karena saya. Segalanya bisa terjadi saat balapan, saya minta maaf atas kejadian ini,” ujar Lorenzo terhadap reporter MotoGP.

"Aku start dengan baik, aku ingin banget jatuh sendirian saat ini. Permintaan maaf saja nggak cukup. Kamu harus menyesal dan minta maaf, tapi aku mengerti, permintaan maaf saja tidak cukup, dan ini sangat menyedihkan."

Baca Juga : Helm Shoei Baru Marc Marquez di MotoGP Catalunya 2019

Setelah kejadian, Jorge lari ke paddock Ducati dan minta maaf ke Gigi, juga Dovi. Kemudian ia lanjut ke paddock Yamaha, tapi tidak bertemu baik dengan Rossi maupun Vinales. 

Sementara itu, beberapa pendapat dilontarkan terkait insiden ini. Terutama dari rider yang terlibat. Apalagi Maverick yang sudah tiga kali tidak finish, berharap ada penalti dari Race Direction. "Ini adalah kesalahan rookie, tapi dia kan juara dunia lima kali!" seru Maverick sebal.  

Sedikit beda reaksi dari Valentino Rossi. VR46 sedang berada di belakang Petrucci. Merasa lebih kencang, ia berusaha menyalip. "Tapi sepertinya aku menyalip di waktu yang salah. Karena aku lebih dulu sampai di tikungan 10 dan melihat kejadiannya, sayangnya aku nggak bisa menghindar dari motor Jorge. Aku coba nggak terjatuh, tapi motor meluncur ke bawah banku dan akhirnya aku terjatuh juga," buka Rossi yang mengaku sedikit sakit di pergelangan kaki karena terjepit kedua motor. "Ya, tapi inilah balap, kadang terjadi seperti ini."

Jorge Lorenzo tampak pasrah dengan semua reaksi yang ada. "Aku mengerti reaksi Maverick, karena di masa lalu hal itu terjadi juga padaku dan reaksiku ke dia mirip. Jadi aku sangat mengerti reaksinya, aku nggak bisa bilang apa-apa lagi," cetusnya. 

"Yang jelas aku bersyukur Valentino bilang mirip yang aku katakan. Aku juga sudah ngomong ke Dovi dan dia menerima permintaan maafku, tapi jelas, permintaan maaf saja tidak cukup," imbuh JL99.

Dengan kejadian itu, rekan satu tim Lorenzo, Marc Marquez berhasil mengamankan posisi pertama dengan cukup mudah. The Baby Alien berhasil finish sebagai yang tercepat di Spanyol dengan jarak 2,6 detik atas Fabio Quartararo di urutan kedua dan disusul Danilo Petrucci pada urutan ketiga.

 

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id