Ternyata Merawat Busi Motor Bisa Dilakukan Sendiri, Begini Caranya

Ternyata Merawat Busi Motor Bisa Dilakukan Sendiri, Begini Caranya
Selasa, 4 Desember 2018 08:55
Angga M

Busi memiliki fungsi memberikan percikan agar terjadi pembakaran dalam ruang mesin, tanpa busi kendaraan tidak dapat hidup. Sebenarnya melakukan perawatan busi sangat mudah, dan bisa dikerjakan sendiri dirumah.

“Sebaiknya setiap pergantian busi harus berdasarkan kilometer yang ada di kendaraan, waktu untuk pergantian busi sepeda motor sebaiknya setiap 6.000 km,” ujar Diko Octaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia.

Baca juga: Daftar Harga Skutik Murah Honda Di Bulan Desember 2018 Untuk Wilayah DKI Jakarta & Sekitarnya

Diko menambahkan, pemilik kendaraan bisa melihat bentuk fisik busi. "Dilihatnya pada bagian elektroda, jika mengalami erosi maka busi tersebut harus diganti," ujarnya.

Sebaiknya setiap rentang 100 hingga 500 kilometer, dilakukan pembersihan kepala busi atau elektroda guna menjaga kinerja pengapian. Karena pemakaian karbon hasil pembakaran akan menutupi kepala busi yang akan berdampak pada proses percikan. Nah, cara membersihkan harus diperhatikan dengan baik, jangan bersihkan kepala busi dengan sikat kawat atau amplas karena akan merusak kinerja busi.

“Sebaiknya hindari membersihkan karbon dengan sikat kawat, karena metal to metal. Akan berpotensi retak atau patah pada bagian elektroda. Gunakan sikat nylon atau sikat gigi, intinya bersihkan kepala busi saja sudah cukup. Bila elektroda yang sudah rusak maka tidak bisa diperbaiki atau diakali, sehingga busi harus diganti agar tidak menyebabkan kendala pada mesin," ujar Diko.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.