Tetap Aman Saat Musim Hujan, Hindari Pakai Jas Hujan Ponco

Tetap Aman Saat Musim Hujan, Hindari Pakai Jas Hujan Ponco

Cuaca awal tahun memang masih kurang bersahabat buat pengendara sepeda motor. Curah hujan cukup tinggi, sehingga rider perlu ekstra hati-hati dalam berkendara. Dengan kondisi basah, tentu perlu lebih berkonsentrasi saat berkendara di musim hujan, agar tidak terjadi kecelakaan atau terjatuh.

Beberapa hal perlu dapat perhatian lebih ketimbang berkendara saat kering, dimulai dari sebelum berkendara. Sebaiknya pengendara harus memperhatikan kondisi motor seperti ban, rem dan kendaraan itu sendiri dalam kondisi hujan. Bila kondisi sepeda motor tidak sehat, berpikir lebih jauh untuk melanjutkan perjalanan.

Kemudian atur kecepatan motor saat hujan, tentu berbeda dengan jalan kering. Pasalnya, pada kondisi jalan kering daya cengkram ban ke aspal lebih maksimal dibandingkan dengan jalan basah. Pada jalan basah lebih aman dengan kecepatan di bawah 50 km/jam. Selain menghindari ban selip saat membelok, permukaan jalan basah juga membuat jarak pengereman lebih jauh. Tetap jaga jarak dengan kendaraan di depan, selain menjaga kecepatan.

“Untuk pengendara sepeda motor saat hujan, biasakan menggunakan jas hujan model pakaian. Hindari menggunakan jas hujan ponco karena bisa menyebabkan tersangkut di ban belakang. harus diperhatikan kecepatan sepeda motor sebaiknya 50 km/jam di saat hujan” ujar Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana Makmur Sejati (WMS), Main Dealer Honda.

Agus Sani menambahkan, harus diperhatikan dalam pengecekan tekanan ban dan biasakan lewat jalan yang sering dilalui agar terhindar dari jalan berlobang yang akan mengakibatkan hilang konsentrasi, serta jangan lupa menggunakan helm yang sudah bersertifikasi SNI. Dengan menjaga keamanan berkendara, semoga tetap selamat sampai tujuan!

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id