Waktu Ideal Ganti Oli Motor Matic, Berapa KM Sekali?

Waktu Ideal Ganti Oli Motor Matic, Berapa KM Sekali?
Jumat, 23 November 2018 21:00
Danu P Dirgantoro

Perhitungan waktu ideal untuk mengganti oli motor matic memang sedikit membingungkan. Beberapa pertanyaan yang sering muncul adalah "Ganti oli motor matic tiap berapa KM?" atau "idealnya ganti oli dihitung dari jarak atau waktu pakai?"

Sebenarnya jawaban pertanyaan itu kembali lagi kepada cara pemakaian motor matic tersebut. Senior Marketing Manager TOP1 Oil Indonesia, Martin, angkat bicara mengenai
pertanyaan tersebut.

"Waktu ideal ganti oli motor matic itu dihitung berdasarkan jam kerja motor matic itu sendiri, artinya patokannya dari jarak tempuh kilometer," jawab Martin.

Perhitungan jarak tempuh dapat dilihat dari odometer, Martin menjelaskan bahwa idealnya motor matic harus melakukan pergantian oli setiap menempuh jarak 3.000 - 4.000 km.

Meski bagitu, Martin juga menjelaskan pergantian oli motor matic perlu dilakukan lebih cepat dari patokan jarak tempuh kilometer. Khususnya untuk motor matic yang kerap kali
terjebak di kemacetan.

Pada situasi macet, mesin motor matic akan terus bekerja, lamanya nyala mesin ini juga harus menjadi pertimbangan dalam menentukan waktu ideal mengganti oli motor matic.

"Jarak tempuh dan waktu pakai memang menjadi faktor utama untuk menentukan waktu pergantian oli, namun selain kedua hal tersebut, jenis base-oil yang digunakan juga dapat
menjadi faktor penting lainnya."

"Oli full synthetic seperti TOP1 Evolution Matic memiliki formula yang lebih baik dibanding oli mineral yang banyak dipasaran saat ini, karena memiliki proteksi dan jangka waktu pemakaian yang lebih lama," lanjut Martin.

Oli Full Synthetic sendiri merupakan pelumas hasil pemilahan terbaik dan terbersih dari oli mineral. Sehingga secara pengolahan dan kegunaannya, oli motor matic berbahan dasar full synthetic jelas lebih baik jika dibandingkan dengan oli mesin mineral.

Pada pemakaian normal, Oli TOP1 Evolution Matic Series dengan base-oil Full Synthetic, masa pemakaiannya mampu menempuh jarak 5.000-8.000 km.

Oli TOP1 Evolution Matic dirancang untuk memenuhi spesifikasi sepeda motor matic keluaran terbaru seperti Motor Honda PCX, Vario Techno, YAMAHA Lexi, NMax, Aerox dan XMax.

TOP 1 Oil telah berpengalaman selama lebih dari 40 tahun menghadirkan rangkaian oli Full Synthetic terbaik. Anda bisa membeli produk – produk dari TOP1 Oil yang sesuai dengan karakter mesin motor matic berkat pilihan produk yang beragam.

Jadi, sekarang Anda sudah tahu kan waktu paling ideal untuk mengganti oli motor matic dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti berapa KM (kilometer) jarak tempuh, lama
pemakaian dan jenis base-oil yang digunakan.

Temukan oli motor matic terbaik dengan berbagai spesifikasi SAE untuk motor matic kesayangan anda disini

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.