Yamaha QBix Bakal Diterima Pasar Indonesia, Begini Penjelasannya

Yamaha QBix Bakal Diterima Pasar Indonesia, Begini Penjelasannya
Kamis, 5 April 2018 17:10
Yulian Lahardi

Seperti ulasan sebelumnya, bahwa masyarakat Indonesia sempat dikejutkan oleh kehadiran Yamaha QBix yang awalnya disangka telah tiba di Tanah Air. Padahal skuter tersebut baru diluncurkan di gelaran The 39th Bangkok International Motor Show 2018 yang tengah berlangsung (28 Maret - 8 April 2018). 

Keterkejutan masyarakat Indonesia ini bisa terlihat dari 'mesin pembaca' redaksi yang bisa melihat jumlah pembaca yang masuk ke Otorider.com. Pun begitu Apong Arfiansyah selaku pengamat otomotif meyakini bahwa model skuter tersebut akan mudah diterima di pasar Indonesia.

Yamaha QBix 2018

"Bila didatangkan ke Indonesia, maka pasar akan mudah menyerap skuter tersebut," jelasnya. Pasalnya, masih menurut Apong, secara desain yang mengotak memiliki nilai kebaruan dan sangat berbeda dengan skuter lainnya yang telah lama hadir.

"Masyarakat Indonesia sangat menggemari produk yang tampil beda, ambil contoh saat Yamaha Indonesia menghadirkan Yamaha Mio sebagai skutik di Indonesia beberapa tahun lalu. Hasilnya pasar bisa menyerap cukup banyak saat itu. Jejak itu diikuti Honda BeAT yang hadir pada tahun 2008," tuturnya.

Sekadar catatan kalau motor berdesain masa depan ini pertama kali diperkenalkan pada gelaran Bangkok Internasional Motor Show yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand, tahun lalu. QBix memiliki tampilan headlamp berbentuk persegi panjang yang dipasang secara vertikal. Model ini benar-benar tidak biasa tapi justru menarik perhatian banyak orang.

Yamaha QBix juga disertai dengan fitur canggih di dalamnya seperti speedometer full digital dengan layar LCD. Nah, speedometer itu bisa memberikan informasi kecepatan, kondisi bahan bakar serta disediakan pengisian baterai smartphone. Yamaha QBix juga sudah mengadopsi fitur Answer Back System (ABS) dan Smart Key System. 

Yamaha QBix menggunakan headlamp full LED Headlight serta bagian belakang full LED Taillight yang mengikuti desain bodi motor. Tampilan mengotak itulah yang menyebabkan skuter ini benar-benar memiliki magnet transaksi.

Untuk ukuran dimensi Yamaha QBix mempunyai panjang 1.860 mm, lebar 710 mm untuk tipe standar, sedangkan untuk tipe S dan ABS memiliki lebar 740 mm, dan untuk tinggi keseluruhan berukuran 1.115 mm. Sementara tinggi joknya sendiri 775 mm dan jarak terendah ke permukaan tanah mencapai 135 mm.

Mesin QBix berkapasitas 125 cc, 4 tak, 2 katup, SOHC, FI dan satu silinder yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 9,5 dk pada 8.000 rpm serta torsi puncak 9,6 Nm di 5.500 rpm. Yamaha QBix untuk sektor pengapian menggunakan teknologi TCI yang berguna menyuplai pengapian secara maksimal ke dalam bagian mesin, dengan kapasitas bahan bakar 4,2 liter

Untuk bagian kaki-kaki Yamaha Qbix menggunakan pelek berukuran 12 inci yang dibalut dengan ban depan berukuran 100/90 dan belakang 130/70 untuk tipe standar. Sedangkan untuk tipe S dan ABS berukuran 110/90-12 pada bagian depan dan 140/70-12 pada bagian belakang.

Bila sudah disetarakan dengan rupiah, Yamaha QBix 2018 dibanderol Rp 23,6 juta untuk tipe Standar, dan Rp 24,7 juta untuk tipe S serta Rp 26,5 juta untuk tipe ABS.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.