Ini Rahasia Kelistrikan Honda CB150R dan Sonic 150R

Ini Rahasia Kelistrikan Honda CB150R dan Sonic 150R
Selasa, 15 Desember 2015 17:25
Bramantia Tamtama

All New Honda CB150R dan New Honda Sonic 150R yang belum lama diluncurkan, kini sudah dibekali dengan sistem pengapian baru yang lebih efisien dengan putaran mesin yang lebih ringan. Pasalnya, penerangan yang kini diaplikasikan pada kedua sepeda motor tersebut kini sudah menggunakan lampu LED yang irit setrum.

Teknologi LED faktanya memang memiliki daya tak sebesar model bohlam pijar seperti yang umum digunakan sebelumnya. Sebagai contoh, pada lampu tanda belok hanya menggunakan daya sebesar 2,5 watt saja. Pada lampu rem, hanya sebesar 0,8 watt saja.

Konsumsi daya listrik yang menurun ini, menyebabkan All New Honda CB150R dan New Honda Sonic 150R kini menggunakan kapasitas baterai penyimpanan yang lebih kecil pula, hanya 5 Ah saja. Akhirnya sistem pengisian tegangan listrik pada kedua motor tersebut juga diturunkan menjadi hanya 1 phase dan hanya memiliki 12 lilitan pada sepul pengapian.

Sementara pada kiprok regulator, para teknisi PT Astra Honda Motor (AHM) menggunakan 2 buah kapasitor yang dibuat menyatu dengan tambahan inti yang dilengkapi elektromagnet sebagai pengganti material SP plate steel seperti tipe sebelumnya.

Hasilnya untuk menghasilkan daya listrik yang sama, tak perlu lagi induksi besar dari putaran mesin yang lebih besar. Putaran mesin pun jadi lebih ringan dan tercapai efisiensi konsumsi bahan bakar yang lebih optimal.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.