Paspor Kendaraan Bermotor Salah Satu Syarat Wajib Lintas Negara

Paspor Kendaraan Bermotor Salah Satu Syarat Wajib Lintas Negara
Minggu, 20 September 2015 14:50
Bramantia Tamtama

Jika selama ini berkelana keluar negeri dengan kendaraan pribadi hanya menjadi impian, kini dengan mudah dapat di wujudkan. Seperti halnya yang dilakukan oleh Sean Jordan dengan Vespa New PX beberapa tahun lalu yang mengelilingi dunia 360 derajat atau yang baru saja dilakukan oleh Jeffrey Polnaja dengan BMW R 1150 GS Adventurenya yang menempuh 420.000 km berkeliling dunia.

Perjalanan Kang Jeje, begitu Jeffrey Polnaja akrab dipanggil, melakukan turing dengan membawa misi perdamaian dunia menjadi salah satu pemicu dimudahkannya akses keluar kendaraan bermotor dari Indonesia memasuki negara lain.

Federation Internationale de l’Automobile atau FIA dan Federation Internationale de Motorcyclisme atau FIM yang mengatur tentang mobil dan motor di dunia, memberikan otoritas pada Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia  untuk menerbitkan Carnes de Passages En Douane (CPD) atau paspor bagi kendaraan bermotor di Indonesia yang ingin melakukan perjalanan lintas negara.

 “Sekarang bawa mobil atau motor sendiri keluar negeri bisa dengan CPD ini. Dokumen ini bisa diterbitkan oleh IMI untuk pihak manapun asal surat kendaraan bermotornya lengkap,” pungkas Nanan Soekarna Ketua Ikatan Motor Indonesia.

Dokumen yang oleh Kementrian Keuangan Republik Indonesia itu telah diresmikan sesuai aturan Nomor 533/KM.4/2015. CPD ini pun turut meringankan biaya yang timbul dahulu akibat harus membayar berupa jaminan dengan nominal yang besar kepada Bea Cukai.

Jadi tak hanya paspor diri saja yang harus dipersiapkan, kini paspor untuk kendaraan bermotor juga harus disiapkan dan dibawa saat melakukan perjalanan lintas negara. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.