First Ride Suzuki All New Satria F150, Tenaga Mesin Injeksi Tambah Dahsyat!

First Ride Suzuki All New Satria F150, Tenaga Mesin Injeksi Tambah Dahsyat!
Selasa, 16 Februari 2016 10:15
Danu P Dirgantoro

Suzuki All New Satria F150 resmi meluncur dengan banderol mulai Rp 21 jutaan. Otorider.com pun punya kesempatan untuk merasakan tenaganya dalam sesi first ride. Tenaga mesin barunya yang mengusung teknologi injeksi dan berpendingin cairan tak berkurang dari model sebelumnya. Malah dari spesifikasi, naik dari 16 dk menjadi 18,2 dk. 

Sebelum menyalakan mesin, impresi pertama dari tampilannya yang benar-benar baru cukup sedap dipandang. Walau desain baru muffler knalpotnya malah terasa kurang seirama dengan tampilan bodinya yang keren. Joknya yang 'dipapras' oleh Suzuki sehingga jadi lebih tipis dari Satria-F yang lama membuat tampilan jadi makin menguatkan kesan motor kencang. Saat diduduki, kami yang berpostur 170 cm merasa cukup nyaman.

Begitu mesinnya dinyalakan, terdengar lebih halus dari model terdahulu. Tak sabar gas pol, kami pun keluar pit lane dengan mengurut throttle dengan kombinasi hentakan kopling yang cukup halus. Gigi satu kami geber sampai tikungan pertama, luar biasa akselarasinya cukup mantap. Masuk gigi dua tenaga sama sekali tidak drop, nafas mesinnya cukup untuk menyentuh kecepatan 40 km/jam. 

Setelah diajak berakselarasi, pengeremannya cukup asik buat diajak manuver late braking. Kombinasi kaliper rem depan merek Bybre dan kaliper belakang yang merek Nissin ternyata cukup ampuh menjinakkan tenaga mesin yang galak. Saat melibas S kecil pun, kami tak ragu untuk bermanuver, suspensi depan dan belakangnya yang komposisinya mirip dengan model lawas masih cukup ampuh meladeni keinginan rider untuk bermanuver.

Saat yang ditunggu tiba. Setelah lean in di tikungan terakhir dengan tarikan gas yang konstan serta ayunan suspensi yang baik langsung masuk trek lurus. Dengan bobot test rider yang 53 kg, motor cukup anteng diajak ngebut. Sebelum mengendurkan gas, kami sempat melirik spidometer digitalnya sudah menunjukkan angka 145 km/jam di gigi enam. 

Jadi penasaran jika pemetaan ECU bisa dimanupulasi dengan perangkat piggyback, pasti bisa tambah yahud. Soalnya, tenaga standarnya saja sudah lebih dari cukup jika hanya untuk aktifitas harian. Belum lagi penggunaan sistem injeksi yang diklaim Suzuki Indonesia bisa bikin konsumsi lebih irit dari karburator. Tapi yang pasti penggunaan mesin injeksi baru ini bikin tarikan All New Satria F150 tambah mantap, terutama respon di putaran tengah dan atas. Cakep! (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.