Komparasi Honda CMX500 Rebel vs Kawasaki Vulcan S, Duel Cruiser Entry Level

Komparasi Honda CMX500 Rebel vs Kawasaki Vulcan S, Duel Cruiser Entry Level
Kamis, 23 Maret 2017 08:55
Ilham Pratama

Honda CMX500 Rebel sebagai jagoan baru PT Astra Honda Motor (AHM) langsung bersanding dengan Kawasaki Vulcan S yang lebih dulu masuk di Indonesia oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Meski volume mesinnya berbeda, tapi keduanya bermain di kelas yang sama. Yakni cruiser entry level dengan harga di bawah Rp 200 jutaan. Lalu, seperti apa komparasi keduanya? Yuk, kita ulas.

Desain

Soal genre, keduanya memiliki cita rasa cruiser yang cocok untuk perjalanan jarak jauh. Cirinya ada di posisi jok rendah, rake sok depan panjang dan setang tinggi. Tapi secara bahasa desain, keduanya berbeda.

CMX500 Rebel diciptakan untuk penggemar custom dengan desain sederhana namun garang yang cocok sebagai 'kanvas' modifikasi. Tapi seperti namanya yang berarti pemberontak CMX500 Rebel tampil lebih 'bengal' dengan nuansa bobber yang berciri ban lebar di depan dan belakang.

Sedangkan Vulcan S lebih kalem dengan gaya cruiser ala Amerika lewat aplikasi tangki model tear drop dan headlamp alpukat yang unik. Dengan basis ER6n, posisi sokbreker belakang Vulcan S lebih kelihatan unik karena berada di sisi kanan dengan lintang horizontal.

Mesin

Soal mesin, volume keduanya jelas berbeda. Di mana Vulcan S bermesin twin paralel pendingin cair 649 cc dengan keluaran tenaga hingga 61,6 dk dan torsi 64 Nm. Mesin ini juga berbasis dari naked bike ER6n.

Sedangkan CMX500 Rebel hanya dibekali mesin twin paralel pendingin cair 471 cc bertenaga 47,2 dk dan torsi 45,8 Nm yang diambil dari CBR500R.

Harga

Seperti disebut di atas, jika keduanya bermain di segmen moge cruiser entry level yang berharga di bawah Rp 200 jutaan. Vulcan S dilepas RP 170 jutaan OTR Jakarta dengan pilihan warna hanya hitam. Sedangkan CMX500 Rebel dilepas RP 147,3 jutaan dengan tiga pilihan warna, yakni Millenium Red, Mat Armored Silver Metallic, dan Graphite Black.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.