Selain Jumlah Motor, Inilah Pembeda Kondisi Lalu Lintas Seoul dengan Jakarta

Selain Jumlah Motor, Inilah Pembeda Kondisi Lalu Lintas Seoul dengan Jakarta
Kamis, 28 Desember 2017 10:50
Yulian Lahardi

Seoul sebagai Ibu Kota Korea Selatan menjadi salah satu pusat niaga dunia serta ikon gaya hidup internasional. Menariknya lagi, kota yang dinginnya bisa mencapai minus 11 derajat Celcius itu memang menjadi salah satu kota dengan kondisi lalu lintas yang benar-benar teratur.

"Inilah yang menjadi pembeda dengan Kota Jakarta," jelas Samuel, warga Indonesia yang kerap bolak-balik Seoul-Jakarta itu. Lanjutnya, keteraturan itu bisa dilihat dari cara parkir kendaraan yang tidak sembarangan, tidak saling mendahului, dan jarang sekali terdengar bunyi klakson kendaraan.

Korsel

Tambah Samuel, kesadaran tertib berkendara memang sudah ditanamkan sejak dini, termasuk memberikan kesadaran buang sampah di tempatnya. "Makanya jarang terlihat ada penumpukan sampah skala besar dan kecil di sudut-sudut bangunan. "Termasuk corat-coret tembok bangunan juga tidak ada, jadi selain tertib berlalu lintas, kotanya juga bersih," bilangnya lagi.

Hal tersebut juga diamini warga setempat Hery Yang Hyunsoo yang menyebut secara jumlah kendaraan juga lebih sedikit dari Jakarta. "Karena sarana transportasi umum juga sudah memadai sehingga masyarakat lebih memilih naik angkutan umum. Apalagi motor atau kendaraan roda dua juga nyaris tidak terlihat, sehingga jalan-jalan memang terlihat lebih lapang dari Jakarta dan Surabaya," jelas Hery yang sudah beberapa kali ke Indonesia.

Yuk, tanam kesadaran tertib berlalu lintas pada anak-anak!

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.