Aprilia Shiver 900 Tahan Tidak Ganti Oli Sampai Puluhan Ribu Kilometer

Aprilia Shiver 900 Tahan Tidak Ganti Oli Sampai Puluhan Ribu Kilometer

Aprilia Shiver 900 merupakan Big Naked Bike yang baru diluncurkan PT Piaggio Indonesia beberapa hari lalu. Sebagai motor big bike, tentunya Shiver 900 memiliki segenap teknologi canggih. Satu di antaranya adalah membuat motor ini bertahan tidak ganti oli sampai puluhan ribu kilometer.

Rudy Riswanto selaku Technical Training Manager PT Piaggio Indonesia mengatakan interval pergantian oli pada Shiver 900 mencapai 20.000 kilometer. Sedangkan untuk pemeriksaan berkala harus dilakukan per 10.000 kilometer. Tentunya angka tersebut bisa dilakukan dengan sejumlah anjuran pakai.

   Baca Juga: First Ride Aprilia Shiver 900, Si Kekar Nan Pintar

"Ini luar biasa, interval pergantian oli pada motor ini per 20.000 kilometer. Spesifikasi olinya sendiri adalah 15W-50, pemeriksaan berkalanya per 10.000 kilometer. Tetapi kalau sering dipakai di daerah berdebu, seperti anjuran lainnya lebih cepat pergantiannya," ujar Rudy di Pondok Indah Mall, Jakarta, Jum'at (11/10).

Rudy menjelaskan lebih rinci, jika motor digunakan bekerja keras memang diharuskan ke bengkel sebelum jadwal yang ditentukan. Bekerja keras yang dimaksud adalah motor sering dipakai, penggunaan pada performa tinggi, penggunaan di daerah berdebu atau medan ekstrim. Namun jika dipakai dalam keadaan normal saja, penggantian oli cukup pada interval 20.000 kilometer.

Aprilia Shiver 900

Rudy juga menjelaskan mengenai teknologi yang membuat Shiver 900 bisa mencapai angka 20.000 kilometer untuk pergantian olinya. Berdasarkan penuturannya terdapat upgrade dari desain jalur oli yang baru. Bahkan dari desain tersebut, membuat Shiver 900 tidak lagi memerlukan oil cooler.

"Jadi biasanya di Aprilia itu kami pakai dua, oil cooler dan radiator coolant. Dengan desain yang baru itu, oil coolernya kami hilangkan dan kami pakai blow by system. Jadi blow by system itu memanfaatkan oli semaksimal mungkin. Bahkan uap dari hasil oli yang memanas itu ditangkap digunakan dan diputar lagi. Makanya oli cenderung lebih bagus dan lebih tahan lama," jelas Rudy.

   Baca Juga: Skema Cicilan dan Diskon Aprilia Shiver 900

Persoalan spesifikasi oli, Rudy menjelaskan SAE oli Aprilia Shiver 900 harus 15W-50 JASO MA atau JASO MA2. Di bengkel Aprilia sendiri, telah bekerjasama dengan merek Castrol yang menyediakan produk dengan spesifikasi tersebut.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id