Dugaan Alasan Dirut Garuda Indonesia Selundupkan Harley-Davidson

Dugaan Alasan Dirut Garuda Indonesia Selundupkan Harley-Davidson
Sabtu, 7 Desember 2019 10:00
Suryo Sudjatmiko

Mari kita berspekulasi mengenai penyelundupan Harley Davidson yang terjadi di Garuda Indonesia. Berdasarkan pengamatan kami, jenis motor yang dimasukkan secara terurai ke Indonesia lewat maskapai berplat merah tersebut bukanlah motor yang banyak diincar dan memiliki value tinggi.

Namun bisa saja opsi memasukkan Electra-Glide Shovelhead yang belum kami diketahui akta pembuatan tahunnya ini jadi pilihan karena reputasi baik yang dimilikinya.

Seperti kita ketahui, salah satu yang jadi daya tarik dari Harley-Davidson adalah suara dan bentuk klasiknya. Khusus untuk bentuk klasik ini tak melulu berkutat pada bentuk desain motor secara keseluruhan, tapi juga termasuk bentuk desain mesin.

“Mesin Shovelhead disebut sebagai jembatan era moderen bagi Harley Davidson. Mesin ini dikenal sebagai mesin yang realiable dibandingkan dengan mesin lawas atau malah tipe mesin yang lebih modern sekalipun. Sehingga motor yang menggunakan mesin ini dikenal sebagai motor bandel, mudah dirawat dan juga low maintenance,” terang Willy Purnama Hadi Surya dari CycleLab.Inc yang bermarkas di Cikajang Garut Jawa Barat. “Beda sekali dengan tipe mesin lawasnya seperti panhead, knuckelhead, flathead dan lain-lain yang relatif rewel,” jelasnya.

harle

 

“Sedangkan dari sisi suara, Shovelhead mampu menyuguhkan suara Harley klasik yang dalam terlebih pada saat motor tersebut idle. Irama dan suaranya khas generasi klasik Harley Davidson. Itu salah satu ‘hal’ yang laku dijual di kalangan penggemar berat motor Amerika,” terang mekanik ramah ini.  

Secara keseluruhan, Willy mengatakan bahwa Electra-Glide Shovelhead lebih enak dikendarai dibanding tipe dengan mesin panhead dan punya segudang part aftermarket. “Dengan kubikasi yang sama, mesin ini mampu menyuguhkan tenaga dan torsi lebih baik dari pendahulunya dalam kondisi standar dan dengan mudah didongkrak performanya lewat beragam produk aftermarket. Satu lagi, mesin Shovelhead merupakan mesin HD yang paling banyak dibuat aftermarketnya dibanding tipe lain,” cerocosnya.

“Ini spekulasi ya. Kemungkinan dia ingin motor dengan tampang lawas, mesin berkarakter, tidak rewel dan banyak part aftermarket sehingga mudah diupgrade atau disegarkan kondisinya,” tutupnya.

harley davidson selundupan

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.